IBL

Medali perak Piala Dunia FIBA 2014 Spanyol. Medali perak Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Medali perak EuroBasket 2017. Rasanya sudah bosan para pemain timnas basket Serbia berdiri di tempat kedua. Di Piala Dunia FIBA 2019 Cina, Agustus nanti, Serbia berupaya mencari medali emas. Serbia akan diperkuat dua penggawa Sacramento Kings, Nemanja Bjelica dan Bogdan Bogdanovic.

Selama tiga turnamen besar tersebut, Serbia harus puas berada di tempat kedua. Mereka kini berniat mendapatkan lebih dari itu. Setelah lolos ke Piala Dunia FIBA 2019, kini mereka bersiap menghadapi babak penyisihan grup. Serbia akan berhadapan dengan Angola, Filipina, dan Italia di Grup D. Duo Sacramento Kings itu yakin bahwa mereka bisa melewati babak penyisihan dengan baik.

"Saya bahwa kami bisa menjadi tim terkuat kedua setelah Amerika Serikat. Semua bagus, tapi kami tidak boleh puas hanya dengan medali perak. Saya bisa katakan, kali ini kami punya tim terbaik," kata Bjelica, seperti dikutip dari fiba.basketball.

Bjelica sepertinya tahu betul apa target timnya. Terutama, ia juga yakin dengan pasukan yang ada sekarang. Selain dirinya dan Bogdanovic, Serbia juga diperkuat oleh Nikola Jokic (Denver Nuggets), Milos Teodosic (Los Angeles Clippers 2017-2019), Boban Marjanovic (Philadelphia 76ers), dan beberapa pemain terkenal yang tampil di liga basket Eropa. Memang dari roster tersebut, Serbia tampak mengancam posisi Amerika Serikat.

Bjelica mendapatkan medali perak Piala Dunia FIBA 2014. Namun cedera membuatnya absen di Olimpiade 2016 dan EuroBasket 2017. Ia kembali bermain pada Kualifikasi Piala Dunia 2019 zona Eropa di fase keempat. Bjelica berhasil mencetak 11,5 poin, 9,0 rebound, dan 3,5 asis per pertandingan.

Melihat komposisi yang ada, kepala pelatih Alesandar Djordjevic tidak pusing menemukan ramuan yang cocok. Ia juga dinilai sangat berpengalaman di timnas Serbia. Djordjevic mendapatkan medali emas Piala Dunia FIBA 1998, saat ia masih aktif bermain. Djordjevic akan mengejar prestasi sebagai pemain dan pelatih yang sukses mendapatkan medali emas Piala Dunia FIBA. Sebelumnya, ada orang Serbia yang pernah mencetak prestasi tersebut. Zeljko Obradovic mendapatkan medali emas 1990 sebagai pemain, dan 1998 sebagai pelatih. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar