IBL

Senter Denver Nuggets Nikola Jokic mengumumkan akan tampil bersama timnas Serbia di Piala Dunia FIBA 2019. Jokic masih menyimpan rasa penasaran setelah Serbia dari Amerika Serikat di partai final Olimpiade 2016 silam. Serbia target raih medali emas di Piala Dunia FIBA 2019.

"Saya sangat senang dengan pencapaian saya musim ini di NBA. Saya memiliki musim yang hebat, dengan tampil di All-Star Game dan terpilih sebagai NBA All-Star Five. Bagi saya, cerita hebat ini akan menjadi sejarah ketika ditutup dengan medali emas Piala Dunia FIBA," ucap Jokic, seperti dilansir Serbian State News Agency, Jumat siang. "Saya sepenuhnya siap untuk melakukan yang terbaik demi tujuan tersebut."

Tentu pengumuman ini sangat menggembirakan bagi publik basket Serbia. Sebab mereka akan semakin kuat dengan masuknya Nikola Jokic dalam roster. Selama musim 2018-2019, Jokic mencetak rata-rata 20,1 poin, 10,8 rebound, 7,3 asis dengan akurasi tembakan (field goals) 51 persen. Jokic juga terpilih sebagai pemain All-Star untuk pertama kalinya.

Di babak playoff, Jokic mencetak 25,1 poin, 13,0 rebound, 8,4 asis per laga dalam 14 pertandingan. Jokic menjadi bintang basket pertama dari Denver Nuggets sejak 1978 yang mendapatkan All-NBA Firts Team. Ia juga menjadi orang Serbia pertama yang mendapatkan gelar tersebut.

Jokic sudah pernah tampil bersama timnas senior Serbia. Saat itu, ia bermain di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Serbia kalah 96-66 dari Amerika Serikat di babak final, sehingga Jokic pulang membawa medali perak. Hebatnya, Jokic terpilih sebagai MVP dengan 9,1 poin, 6,0 rebound, dan 2,4 asis dalam delapan pertandingan.

Pencapaian ini membuat Jokic semakin penasaran. Ia ingin membuktikan bahwa Serbia bisa menumbangkan dominasi Amerika Serikat di turnamen internasional. Namun sebelum mengejar Amerika Serikat, Serbia akan berhadapan dengan Angola, Filipina, dan Italia di babak penyisihan grup. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar