IBL

Kabar Russell Westbrook menjadi satu-satunya pemain yang mencatatkan rataan tripel-dobel selama tiga musim berturut memang sudah berlalu beberapa waktu. Namun, beberapa hal mengenai tripel-dobel dan Westbrook masih terus memancing perbincangan. Westbrook memang satu-satunya pemain dengan rekor rataan tersbeut, tapi sudahkah Westbrook layak dilabeli sebagai Mr. Tripel-dobel?

Label tersebut masih sangat bisa diperedebatkan. Karena ternayta, Westbrook bukanlah pemain dengan tripel-dobel terbanyak dalam sejarah NBA. Dalam kemenangan tipis 112-11 Oklahoma City Thunder atas Houston Rockets, Westbrook kembali mencatatkan tripel-dobel , 29 poin, 12 rebound, dan 10 asis. Itu adalah tripel-dobel ke-33 Westbrook musim ini.

Sepanjang musim ini, memang tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak tripel-dobel dari Westbrook. Bahkan, secara keseluruhan tiga musim terakhir, Westbrook sudah meninggalkan jauh catatan tripel-dobel pemain-pemain lain di NBA. Namun, untuk pencapaian dalam sejarah NBA, Westbrook masih harus mengejar dua legenda NBA, Earvin “Magic” Johnson, dan Oscar Robertson.

Keduanya adalah dua besar pencetak tripel-dobel terbanyak di NBA. Magic mencatatkan 138 tripel-dobel dari 906 gim yang ia mainkan. Sementara Robertson ada di puncak daftar dengan 181 tripel-dobel dari 1040 gim. Westbrook ada di bawha keduanya dengan 137 catatan, tertinggal hanya dua tripel-dobel atas Magic.

Dalam tiga musim terakhir, Westbrook mencatatkan 100 tripel-dobel. Jika di rata-rata, bapak dua anak ini seharusnya mencatatkan 33 tripel-dobel tiap musimnya. Maka untuk mengejar catatan Robertson, Westbrook harusnya “hanya” butuh dua musim lagi. Di usia yang masih 30 tahun dan tidak ada riwayat cedera yang cukup serius (kecuali cedera lutut di 2014), peluang Westbrook menyalip Robertson sangat besar.

Belum lagi jika Westbrook berhasil mengulang performa fantastisnya pada musim 2016-2017, catatan Robertson bisa semakin cepat terputus. Kala itu, ia memecahkan rekor Robertson yang berusia 55 tahun. Robertson di musim 1961-1962 mencatatkan 41 tripel-dobel dalam satu musim. Sementara Westbrook pada musim itu mengemas 42 tripel-dobel.

Foto: NBA

 

Komentar