IBL

Kabar buruk datang dari Oklahoma City Thunder. Pemain andalan mereka, Russell Westbrook, absen di kamp latihan yang akan berlangsung kurang dari dua minggu lagi. Hal itu terjadi lantaran Westbrook mesti menjalani operasi lutut kanan hari ini, Rabu 12 September 2018 waktu setempat.

Menurut rilis resmi Thunder, operasi ini dilakukan karena Westbrook mengalami peradangan di lututnya beberapa waktu lalu. Tim dokter bertindak cepat untuk menangani cedera dengan mengoperasinya sesegera mungkin di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Operasi pun berjalan sukses, tetapi Westbrook membutuhkan waktu sedikitnya empat minggu untuk memulihkan diri.

Dengan perkiraan waktu pemulihan itu, Westbrook tidak bisa mengikuti kamp latihan. Kemungkinan ia baru bisa kembali sebelum musim 2018-2019 dimulai. Menurut laporan Erik Horne, The Oklahoman, evaluasi perkembangan cedera Westbrook akan dilakukan pada 10 Oktober mendatang—sekitar seminggu sebelum pertandingan perdana Thunder melawan Golden State Warriors. Jika saat itu Westbrook masih belum sembuh total, pemain anyar Dennis Schroder akan menggantikan perannya sebagai garda utama.

Westbrook sebenarnya bukan sekali ini mengalami cedera lutut. Ia pernah mengalami hal serupa pada Playoff 2013. Ia mencederai lututnya ketika melawan Houston Rockets di gim kedua. Ia pun harus menjalani operasi demi memperbaiki meniskus yang robek di lututnya. Westbrook kemudian menjalani operasi lagi pada Oktober dan Desember di tahun yang sama.

Kendati begitu, cedera lutut tak menghentikan Westbrook untuk terus berkembang. Ia menjelma pemain penting Thunder dan berkali-kali membawa tim ini ke playoff. Pada 2017, ia bahkan sukses merengkuh gelar pemain terbaik NBA karena menunjukkan performa luar biasa.  Ia mencetak rata-rata tripel-dobel 31,6 poin, 10,7 rebound, dan 10,4 asis. Itu merupakan perolehan rata-rata tripel-dobel kedua setelah Oscar Robertson melakukannya pada 1962. Westbrook juga memecah rekor Robertson sebagai pencetak tripel-dobel terbanyak dalam satu musim dengan 42 tripel-dobel.

Musim lalu, Westbrook melakukannya lagi. Ia mencetak rata-rata tripel-dobel dengan 25,4 poin, 10,3 asis, dan 10,1 rebound. Hanya saja, kala itu ia tidak lagi merengkuh gelar pemain terbaik. Gelar itu jatuh ke pangkuan James Harden, garda Houston Rockets sekaligus bekas rekan setimnya di Thunder.

Kini, dengan operasi lutut keempat kalinya, kemampuan Westbrook untuk bersinar kembali diuji. Penanganan memang sudah dilakukan, tetapi untuk pulih seperti semula membutuhkan waktu. Selama empat minggu itu, Westbrook akan fokus untuk kembali fit.

Foto: NBA.com

Komentar