IBL

Phoenix Suns tidak hanya kalah dari Utah Jazz di Talking Stick Resort Arena, Phoenix, Arizona, Rabu 3 April 2019 waktu setempat. Mereka juga harus kehilangan jagoannya, Devin Booker, di pertandingan itu. Booker mengalami cedera engkel sehingga tim memutuskan sang pemain harus absen di sisa tiga pertandingan musim reguler 2018-2019.

Pemain bernomor punggung satu tersebut mengalami cedera di kuarter pertama. Ia mendarat dengan cara yang salah setelah menerima operan dari rekannya, Josh Jackson. Namun, Shams Charania, The Athletic, melaporkan hasil pemindaian sinar-x berujung negatif. Cedera Booker tidak parah. Ia hanya harus istirahat sampai akhir musim reguler.

Sebelum cedera engkel, Booker sempat mengalami cedera lain. Ia, misalnya, absen dalam 28 pertandingan pada 2017-2018. Saat itu, ia mengalami cedera otot dan tangan kanannya terkilir.

Booker juga absen di turnamen pramusim setelah operasi sendi tangan kanan pada September 2018 lalu. Ia kemudian absen lagi di sembilan pertandingan selama Oktober dan November tahun itu karena cedera hamstring.

Kendati demikian, Booker tetap menjadi andalan Suns sejak kemunculan perdananya pada 2015-2016. Ia tampil sebanyak 76 kali saat itu dengan rata-rata 13,8 poin, 2,5 rebound, 2,6 asis per pertandingan. Musim ini, Booker tampil sebanyak 64 kali dengan perolehan yang meningkat: 26,6 poin, 4,1 rebound, dan 6,8 asis.

Perolehan poin dan asisnya merupakan perolehan terbanyak di antara pemain Suns pada 2018-2019.

Selain itu, Booker sempat mencetak rekor baru di musim ini. Ia menjadi pemain termuda yang pernah mendulang 50 poin dalam dua pertandingan beruntun. Ia melakukannya ketika Suns bertemu Utah Jazz dan Washington Wizards pada Maret lalu. Itu membuktikan sang pemain sangat ganas dalam hal mencetak angka.

Sayangnya, dengan kemampuan itu, Booker tidak mampu mengangkat tim sendirian. Suns terdampar di dasar klasemen Wilayah Barat. Hasil itu sekaligus membuat mereka gagal ke playoff selama sembilan musim beruntun. Suns kesulitan keluar dari keterpurukan sejak era Steve Nash. (GNP)

Foto: NBA

Komentar