IBL

BTN CLS Knights Indonesia gagal menyapu bersih Saigon Heat di playoff putaran pertama ABL 2018-2019. Heat menundukkan CLS dengan skor 86-81 di CIS Arena, Ho Chi Minh City, Saigon, Vietnam, Rabu 3 April 2019. Dengan kemenangan itu, Heat mengimbangi CLS dengan kedudukan 1-1 dalam pertandingan berformat tiga terbaik ini.

Trevon Hughes menjadi pencetak angka terbanyak Heat. Ia mendulang 30 poin plus 7 rebound, 4 asis, dan 4 steal di pertandingan ini. Kyle Barone juga menjadi momok mengerikan setelah mencetak 23 poin dan 9 rebound, termasuk tripoin yang menyamakan kedudukan di kuarter empat. De’Angelo Hamilton dan Corey Cilia kemudian menambahkan masing-masing 13 poin.

Sementara itu, CLS melawan lewat Maxie Esho. Forwarda andalan CLS ini mencetak dobel-dobel 21 poin dan 11 rebound. Darryl Watkins, senter, juga dobel-dobel dengan 20 poin dan 13 rebound. Brandon Jawato 13 poin. Douglas Herring Jr. 12 poin. Namun, perlawanan mereka mesti berakhir dengan kekalahan di Vietnam.

CLS sebenarnya mampu menyaingi Heat di awal pertandingan. Mereka hanya tertinggal 22-23 di kuarter satu. CLS bahkan sempat mengambil alih kedudukan setelah mencetak lima poin (20-15) lebih banyak di kuarter selanjutnya. Mereka memimpin 42-38 sampai turun minum.

Kendati demikian, Heat berhasil memukul balik CLS. Mereka unggul perolehan poin 25-19 di kuarter tiga. Alhasil, Heat pun memimpin 63-61.

Dengan skor sedekat itu, pertandingan semakin sengit. Kedua tim bermain ketat di kuarter akhir. CLS sempat memimpin 81-76. Namun, Heat mencetak lima poin beruntun. Barone saat itu menyamakan kedudukan 81-81 lewat tripoinnya. Tembakannya menjadi pembangkit Heat di sisa waktu 1,28 menit.

Di sisa waktu itu, CLS berusaha mencetak poin. Sayangnya, tembakan-tembakan mereka tumpul. Heat memanfaatkan itu untuk menyerang balik. Tim asal Vietnam tersebut bahkan mengumpulkan lima poin tambahan sehingga memenangkan pertandingan.

Heat menang 86-81.

Dengan kemenangan ini, Heat memaksa CLS bermain ke pertandingan penentuan. Pertandingan ketiga akan berlangsung di Kertajaya Surabaya, Minggu 7 April 2019. Kedua tim hanya membutuhkan satu kemenangan untuk lolos ke semifinal. (GNP)

Foto Yoga Prakasita

Komentar