IBL

Roster Merpati Bali tidak pernah lengkap selama dua seri reguler Piala Srikandi 2018-2019. Jumlah pemain di tiap-tiap pertandingan berkisar antara sembilan hingga 10 pemain saja. Namun pada Seri Semarang nanti berbeda. Merpati akan membawa 15 pemain. Mereka siap mempertahankan posisi puncak klasemen musim ini.

Merpati masih menjadi tim terbaik di Piala Srikandi musim ini. Setidaknya hingga dua seri yang sudah berlangsung. Mereka hanya kalah satu kali dari delapan pertandingan. Merpati jadi pemimpin klasemen sementara dengan koleksi 15 poin. Di bawahnya ada Tanago Friesian Jakarta (14 poin), dan Sahabat Semarang (13 poin).

Menariknya, selama dua seri tersebut, roster Merpati tidak pernah lengkap. Masalah klasik yang dialami tim ini yaitu perijinan pemain dengan lembaga pendidikannya masing-masing. Akibatnya, Merpati hanya bisa menurunkan sembilan hingga 10 pemain saja di tiap laga. Masalah lainnya adalah cedera pemain. Sejak awal musim, ada empat pemain yang belum turun lapangan yaitu Dora Lovita, Putu Tiana Widiastari, Paulin Clara Ananta, dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi. Mereka baru sembuh dari cederanya masing-masing.

"Ini menarik, karena di Seri Semarang nanti, kami akan berangkat dengan 15 pemain. Jumlah terbanyak yang kami bawa selama musim ini bergulir," kata Kepala Pelatih Bambang Asdianto Pribadi. "Masalah kami masih sama. Beberapa pemain absen karena kuliah. Tapi memang ada pemain yang sudah kembali setelah cedera. Roster kami masih sama, tidak ada penambahan pemain."

Membawa 15 pemain bukan perkara mudah. Sebab, menurut Bambang, para pemain tersebut harus diberi menit bermain yang rata. Khusus untuk pemain yang baru sembuh dari cedera, tujuannya dibawa ke Semarang, agar mereka bisa beradaptasi dengan situasi pertandingan.

"Saya memang berencana memainkan pemain yang baru sembuh dari cedera seperti Dora, Tiana, Clara, dan Ayu. Tujuannya agar mereka tidak kaget saat tampil di playoff nanti," imbuh Bambang Asdianto.

Sementara itu, Merpati mematok target untuk bisa memenangkan semua pertandingan di Seri Semarang. Ini agar mereka tetap berada di puncak klasemen Piala Srikandi musim ini. Merpati dijadwalkan bertemu Scorpio Jakarta (2 April), GMC Cirebon (3 April dan 5 April), serta bertanding melawan tuan rumah Sahabat Semarang (6 April). (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar