IBL

James Harden (Houston Rockets) dan Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks) menjadi dua pelari terdepan dalam perbincangan calon peraih gelar pemain terbaik (MVP). Keduanya selalu muncul dalam debat-debat seperti itu. Namun, pemenangnya belum akan diumumkan dalam waktu dekat. NBA masih terus memantau kiprah kedua pemain sampai akhir musim nanti.

Harden tampil luar biasa sepanjang musim. Ia mampu membawa Rockets berada di peringkat tiga Wilayah Barat. Padahal mereka sempat tertatih akibat badai cedera.

Antetokounmpo sama luar biasanya. Ia bahkan mampu membuat Bucks tampil dominan. Mereka menjadi klub pertama yang lolos ke playoff. Bucks berada di urutan pertama Wilayah Timur.

Penampilan Harden dan Antetokounmpo segera menuju titik akhir di musim reguler. Mereka akan tampil di sisa musim kurang dari 10 pertandingan. Saya tertarik untuk mengadu keduanya lewat sistem tujuh terbaik. Siapa pemenangnya?

Simak ulasan berikut:  

Poin

Harden memiliki rata-rata 30,4 poin pada 2017-2018. Ia tampil luar biasa musim lalu sehingga berhak atas gelar pemain terbaik. Belakangan ini, ia bahkan menunjukkan perkembangan. Rata-rata poinnya meningkat sekitar 6 poin (total 36,4) per pertandingan. Angka itu masih bisa berubah karena musim reguler 2018-2019 belum selesai.

Antetokounmpo, di sisi lain, juga mengalami peningkatan. Sebelumnya, ia mencetak rata-rata 26,9 poin. Musim ini, ia mencetak 27,4 poin. Dengan perolehan itu, Antetokounmpo berada di peringkat lima dalam daftar pencetak rata-rata poin tertinggi di NBA 2018-2019. Harden masih lebih hebat karena berada di peringkat satu.

Harden 1-0 Antetokounmpo

Rebound

Sebagai seorang garda, Harden termasuk pemain yang rajin meraih bola-bola pantul alias rebound. Ia meraih rata-rata 6,4 rebound per pertandingan pada 2018-2019 ini. Dengan perolehan itu, ia berada di peringkat tiga dalam daftar garda peraih rata-rata rebound terbanyak.

Kendati begitu, Antetokounmpo yang terdaftar sebagai forwarda, dan sering bermain di area pos, lebih banyak meraih bola-bola pantul. Ia mencetak rata-rata 12,6 rebound per pertandingan. Alhasil, ia pun menempati peringkat lima dalam daftar pemain (semua posisi) peraih rebound terbanyak di NBA. Ia hanya kalah dari Andre Drummond, Joel Embiid, DeAndre Jordan, dan Rudy Gobert.

Harden 1-1 Antetokounmpo

Asis

Harden sempat tampil tanpa Chris Paul sebagai garda utama. Namun, ia bisa menggantikan perannya dalam mengatur serangan. Bagaimanapun, Harden itu pemain multitalenta. Ia bisa bermain sebagai garda utama bertipe shooting ball handler (SBH) setelah Kepala Pelatih Mike D’Antoni memaksanya bermain penuh di posisi itu pada 2016.

Sebagai SBH, Harden tidak hanya piawai mencetak angka. Ia rupanya piawai juga dalam mengirim asis untuk rekan-rekannya. Harden mencetak rata-rata 7,5 asis per pertandingan pada 2018-2019. Ia berada di peringkat sembilan dalam daftar pencetak rata-rata asis musim ini.

Sementara itu, Antetokounmpo tidak sepiawai Harden. Pemain asal Yunani itu berada di peringkat 19 dengan rata-rata enam asis per pertandingan. Harden masih lebih baik dalam hal asis sehingga bisa unggul 10 peringkat dari Antetokounmpo.   

Harden 2-1 Antetokounmpo

Steal

Harden seringkali disebut-sebut sebagai pemain yang malas bertahan. Namun, ia ternyata memimpin perolehan rata-rata steal per pertandingan bersama Paul George (Oklahoma City Thunder). Harden dan George berada di peringkat satu dalam hal mencuri bola dengan rata-rata 2,2 steal.

Antetokounmpo berada jauh di bawah Harden. Ia duduk di peringkat 28 bersama tujuh pemain lainnya. Antetokoumpo hanya mencetak 1,3 steal per pertandingan. Angka itu bahkan menurun dari 1,5 steal musim lalu.

Harden 3-1 Antetokounmpo

Blok

Sebagai seorang pemain yang cenderung bertipe menyerang (offensive player), Harden memang tidak hebat dalam blok. Harden hanya mengoleksi 0,8 blok per pertandingan. Setidaknya angka itu naik 0,1 blok dari musim lalu.

Antetokounmpo beda lagi. Dengan jangkauan lengan yang lebih memungkinkan, ia lebih sering melakukan blok daripada Harden. Antetokounmpo mencetak 1,5 blok per pertandingan. Ia berada di peringkat 11 bersama dua orang lainnya dalam daftar pencetak blok terbanyak di 2018-2019.

Harden 3-2 Antetokounmpo

Dobel-Dobel

Selama 2018-2019, hanya ada tujuh pemain yang mencapai rekor 50 dobel-dobel. Antetokounmpo menjadi salah satunya. Ia mengoleksi 51 dobel-dobel dan masih bisa menambahnya mengingat pertandingan musim reguler belum selesai. Dengan perolehan itu saja, Antetokounmpo berada di urutan kelima dalam daftar pencetak dobel-dobel terbanyak musim ini.

Antetokounmpo dan Harden terpaut 22 dobel-dobel. Sebab, pemain andalan Rockets itu hanya mengoleksi 29 dobel-dobel selama semusim ini. Ia berada di urutan 18.

Harden 3-3 Antetokounmpo

All-Star

Antetokounmpo mendapat perhatian besar pada 2018-2019. Pasalnya, ia berhasil menjadi kapten tim All-Star setelah mendapat suara terbanyak di Wilayah Timur. Itu merupakan All-Star ketiganya sejak 2017.

Sementara itu, Harden sudah masuk ke jajaran All-Star sebanyak tujuh kali. Ia selalu masuk ke sana sejak 2013 silam. Dengan kemampuannya, ia memang berhak menyandang gelar superstar. Ia bahkan berhasil membawa timnya (Team LeBron) mengalahkan Team Giannis 178-164. Dari jumlah All-Star dan kemenangan itu saja, mestinya Harden menang.

Harden 4-3 Antetokounmpo

Foto: NBA

Komentar