IBL

Dalam persiapan tim untuk memasuki babak playoff yang akan dimulai sekitar satu bulan lagi, Utah Jazz mendapatkan kabar gembira. Salah satu garda muda mereka, Dante Exum, mulai pulih dan akan segera kembali bersama tim. Pemain berusia 23 tahun tersebut absen sejak 6 Januari 2019 lantaran bermasalah pada engkel kirinya.

Exum sebenarnya sempat dikatakan akan segera kembali ke lapangan setelah jeda All Star. Namun, tim dokter dan pelatih Jazz tak ingin memaksakan kondisi sang pemain dan menunda kembalinya Exum ke lapangan. Exum lantas mulai berlatih penuh dengan kontak di minggu pertama bulan Maret.

Dalam rangka memperkuat kondisi Exum, Jazz lantas mengirimkan pemain asal Australia ini ke tim NBA G League mereka, Salt Lake City Stars. Selain Exum, Jazz juga mengirimkan dua pemain muda lainnya, George Niang dan Grayson Allen ke Stars. Dua nama yang disebut terakhir dikirim ke sana dalam rangka untuk mendapatkan menit bermain lebih banyak secara rutin.

Sebelum cedera, Exum yang memainkan musim keempatnya di NBA bermain dalam 39 gim musim ini dengan satu kali menjadi pemain utama (starter). Dengan rata-rata bermain selama 16,3 menit, Exum memiliki rataan 7,4 poin, 1,7 rebound, dan 2,7 asis per gim.

Exum masuk ke NBA sebagai pilihan kelima secara keseluruhan di NBA Draft 2014. Ia dipilih langsung dari Australia, tanpa menjalani masa kuliah di Amerika Serikat. Dari total empat musim tersebut, hanya satu kali Exum bermain penuh di musim reguler dengan 82 gim dan hal tersebut terjadi di musim pertamanya. Di musim kedua, ia terkena cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) dan menepi sepanjang musim. Di musim keduanya, ia bermain hanya 66 gim sementara musim ketiga jauh lebih sedikit dengan 14 gim saja. Total, Exum baru bermain sebanyak 201 gim.

Kembalinya Exum ke dalam skuat Jazz akan semakin memperkaya pemain dengan gaya bermain fasilitator dan pembawa bola (ball handler). Ia akan menjadi pelapis yang tepat untuk Ricky Rubio di sisa musim dan lebih baik lagi jika berlanjut ke playoff. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar