IBL

Utah Jazz berhasil menuntaskan dendam atas Miami Heat di NBA 2018-2019. Setelah kalah di pertemuan pertamanya, Jazz kini menang 111-84 di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Rabu 12 Desember 2018 waktu setempat. Kedua tim pun imbang 1-1 di musim reguler ini.

Donovan Mitchell menjadi pencetak angka terbanyak Jazz dengan torehan 21 poin. Ia kemudian dibantu barisan cadangan seperti Derrick Favors (17 poin, 8 rebound), Kyle Korver (16 poin), dan Dante Exum (14 poin). Sementara itu, Rudy Gobert, senter, mencetak dobel-dobel 10 poin dan 11 rebound. Joe Ingles 10 poin dan 6 asis.

Di kubu Heat, Rodney McGruder mengumpulkan 16 poin. Kelly Olynyk, pemain cadangan, mencetak 14 poin dan 8 rebound. Josh Richardson 11 poin.

Jazz memenangkan pertandingan karena start bagus di pertandingan ini. Mereka memukul Heat dengan telak di kuarter pertama. Mitchell dkk. tampil tidak tanggung-tanggung; mencetak 40 poin selagi menahan Heat di angka 15. Itu terjadi karena Jazz bertahan dengan baik sehingga akurasi tembakan Heat rendah di angka 29,4 persen. Mereka juga unggul dalam dua hal lainnya, seperti rebound (14-4) dan asis (10-3).

Di kuarter dua, Jazz mencetak 20 poin lagi sementara Heat membayangi dengan 18 poin. Hanya saja, akumulasi paruh pertama membuat skor merentang 60-33. Jazz unggul sampai 27 poin berkat Mitchell yang mengendalikan permainan. Ia sudah mencetak 12 poin dengan memasukkan 5 dari 9 tembakan, ditambah pertahanan solid yang sulit ditembus lawan.

Selain Mitchell, Korver dan Favors melakukan tugasnya dengan baik. Korver sudah mencetak 13 poin sampai di kuarter tiga dengan memasukkan 3 dari 4 tripoinnya. Akurasi keseluruhannya mencapai 71,4 persen. Sementara itu, Favors tampil mengancam di area bawah ring; mencetak enam poin beruntun di pengujung kuarter tiga. Mereka membuat Jazz tampil lebih dinamis saat itu. Tim asuhan Kepala Pelatih Quin Snyder itu jadi bisa menyerang dari berbagai sisi sehingga Jazz terus unggul 92-53. Rentang skor semakin melebar.

Dengan margin 39 poin, Jazz tampak tenang ketika memulai kuarter empat. Snyder bahkan memainkan barisan cadangan seperti Thabo Sefolosha, Dante Exum, Royce O’Neale, Garyson Allen, dan Ekpe Udoh. Namun, mereka ternyata harus membayarnya dengan tertinggal di separuh waktu kuarter itu. Heat unggul 13-8 sampai menit keenam.

Snyder lalu mengambil jeda (timeout) untuk mengatur skuatnya lagi. Mereka memang masih unggul jauh, tetapi Sang Pelatih tentu saja tidak mau ambil risiko. Apa pun bisa terjadi di sisa enam menit, terutama karena Heat terus memainkan kombinasi pemain utama dan cadangan. Jazz perlu memutus momentum lawan supaya mereka tidak terguling. Snyder lalu memasukkan George Niang untuk menggantikan Sefolosha. Upaya itu pun berhasil setelah Jazz memenangkan pertandingan 111-84.  

Dengan kemengan itu, Jazz kini memetik 14 hasil positif dari 29 pertandingan. Setelah ini, mereka harus terbang ke kandang lawan untuk bertemu tim asal Florida lainnya, Orlando Magic, tiga hari lagi. Sementara itu, Heat akan melanjutkan perjalanan ke Memphis untuk bertemu Grizzlies lusa. (GNP)

Foto: NBA

Komentar