IBL

Surabaya Fever menjadi juara South East Asian Women Basketball Tournament 2019, setelah mengalahkan Shoot It Dragons Thailand dengan skor tipis 68-66, di GOR Kertajaya, Minggu, 24 Februari. Fever menang lewat buzzer-beater Nathasa Debby Christaline di detik terakhir kuarter keempat.

Debby mencetak tembakan kemenangan sekaligus menjadi pendulang angka terbanyak dengan 24 poin. Disusul Gabriel Sophia dengan dobel-dobel, 21 poin dan 16 rebound. Sebaliknya di tim Dragons, Warune Kitraksa mencetak 17 poin, Amphawa Thuawon 15 poin, serta Rattiyakron Udomsuk 10 poin.

Fever memulai laga dengan baik. Mereka unggul 15-10 di awal kuarter. Tapi Dragons bisa menyamakan kedudukan di menit-menit akhir. Fever unggul 19-17 di kuarter pertama berkat dua tembakan bebas Henny Sutjiono. Di kuarter kedua, Dragons yang lebih rajin mencetak poin bisa menyamakan kedudukan menjadi 35-35 saat jeda.

Dragons kemudian memimpin di kuarter ketiga dengan keunggulan 53-47. Pertahanan Fever sangat mudah dilewati oleh pemain Dragons. Di kuarter terakhir, drama menegangkan terjadi. Fever tertinggal 65-66 dan waktu tersisa 11 detik. Upaya dari Henny gagal, bola pun dikuasai Dragons. Tapi wasit meniup peluit karena pemain Dragons melakukan traveling-violation. Dengan waktu tersisa hanya satu detik, Debby berhasil melepaskan tembakan tiga angka yang membawa Fever menang. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Komentar