IBL

Senter Philadelphia 76ers, Joel Embiid, selalu terang-terangan terhadap suatu hal. Belakangan ia pernah mengkritik wasit di hadapan media sampai kena denda. Namun, itu tidak menyurutkan tekadnya untuk menutup mulut akan sesuatu. Embiid tetap senang bicara apa adanya.

Embiid pun menyatakan pendapat secara terang-terangan sekali lagi. Kali ini, ia mengatakan, Michael Jordan bukanlah pemain terbaik sepanjang masa. Ia menganggap Jordan hanyalah salah satu pemain populer. Begitu pun dengan LeBron James—yang selalu disandingkan dengan Jordan dalam perdebatan pemain terbaik sepanjang masa.

Dalam sebuah wawancara bersama Jason Concepcion, The Ringer, Embiid mengungkapkan, pemain terbaik sepanjang masanya baginya adalah Wilt Chamberlain.

“Bagi saya, Wilt Chamberlain adalah pemain terbaik sepanjang masa. Dia punya semua rekornya. Rekor-rekor itu tidak bisa dipecahkan. Tidak ada yang bisa mencetak 100 poin dalam satu pertandingan. Dia terbaik sepanjang masa,” kata Embiid.

Pendapat Embiid tentu saja anomali. Orang-orang selalu memperdebatkan Michael Jordan, LeBron James, dan Kobe Bryant sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Nama Chamberlain hampir tidak ada dalam perdebatan itu. Namun, Chamberlain sering ada dalam daftar 5-10 besar pemain terbaik NBA sepanjang masa.

Dalam daftar ESPN, misalnya, nama Chamberlain ada di urutan kelima. FoxSports menempatkannya di urutan kedelelapan. Slam juga menempatkannya di urutan yang sama. Jadi, pilihan Embiid ini benar-benar di luar perdebatan. Namun, pendapatnya tetap sah mengingat rekor-rekor Chamberlain yang sulit dipecahkan.

Mainbasket sempat membahas beberapa rekor fantastis NBA yang tidak terpecahkan. Dalam ulasan itu, ada tiga kategori rekor Chamberlain yang memang sulit dipecahkan. Bahkan hampir tidak mungkin dipecahkan. Chamberlain memegang rekor poin terbanyak dalam satu pertandingan (100), rata-rata poin tertinggi dalam satu musim (50,3), dan rebound terbanyak sepanjang masa (23.924).

Kendati demikian, meski rekor-rekor di atas memperkuat pendapat Embiid, itu tidak lantas menahbiskan Chamberlain sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Sebab, selama ini, pendapat seseorang tentang pemain terbaik sepanjang masa memang subjektif. Maka, tidak heran jika yang terjadi kemudian hanyalah perdebatan-perdebatan tiada ujung. Kali ini pun begitu. (GNP)

Foto: NBA

Komentar