IBL

Pelita Jaya Basketball Club berhasil menutup IBL Seri 8 Yogyakarta dengan kemenangan. Mereka mengalahkan Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor tipis 58-56 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu 17 Februari 2019. Pelita Jaya mati-matian menahan gempuran serangan lawannya di kuarter empat sehingga bisa keluar sebagai pemenang.

Respati Ragil Pamungkas mencetak 14 poin untuk Pelita Jaya. Gabriel Risky dan Carlton Hurst sama-sama 11 poin. Sementara itu, Avan Seputra menjadi satu-satunya pemain Satria Muda yang mencetak dobel digit poin. Avan mencetak 12 poin.

Satria Muda menurunkan pemain mudanya sebagai starter. Mereka menyimpan Dior Lowhorn di bangku cadangan, tetapi tetap memasang Jamarr Johnson di susunan pemain utama. Jamarr mencetak 8 dari total 12 poin Satria Muda saat itu. Namun, Pelita Jaya justru berhasil unggul lebih dulu dengan selisih satu poin (13-12).

Pelita Jaya sebenarnya juga tampil tanpa pilar-pilar utamanya. Mereka bahkan kehilangan para pengatur serangannya. Andakara Prasatawa mengalami cedera sementara Xaverius Prawiro masih menjalani sanksi. Adhi Pratama, senter, juga tidak bisa bermain karena sanksi dari pertandingan kemarin.

Kendati demikian, Pelita Jaya bisa memperlebar jarak dengan Satria Muda. Mereka mencetak 14 poin di kuarter tiga untuk memimpin 27-23. Para pemain muda seperti Kharis Indarji dan Gabriel mampu menggantikan seniornya yang absen. Keduanya mencetak total 14 poin di paruh pertama.

“Bisa maintain, bagus,” kata Kepala Pelatih Pelita Jaya, Fictor Roring, tentang pemainnya. “Ragil luar biasa. Gabu (Gabriel Risky) luar biasa. Tino (Valentino Wuwungan), Reggie (Mononimbar) juga.”

Di kuarter tiga, Pelita Jaya menjauh lagi. Gabriel, Hurst, dan Ragil sudah mencapai dobel digit poin saat itu. Ketiganya membantu tim untuk memimpin 48-34.

Pertandingan kembali sengit di kuarter empat. Saat itu Satria Muda mendapat momentum untuk mengejar ketinggalan. Mereka mendekat 55-58 di sisa waktu 30:13. Para penonton di gelanggang pun terbakar semangatnya. Mereka berteriak sekencang-kencangnya mendukung Satria Muda. Namun, Pelita Jaya pada akhirnya berhasil menahan serangan Satria Muda sehingga mereka menang tipis 58-56.

Pelita Jaya mengumpulkan 2 kemenangan dari 4 pertandingan di Yogyakarta. Mereka kini tinggal menatap playoff. Mereka akan melawan Pacific Caesar Surabaya di putaran pertama. Satria Muda, di sisi lain, juga akan melaju ke playoff untuk menghadapi Bank BPD DIY Bima Perkasa Yogyakarta. (GNP)

Foto: Hariyanto

Komentar