IBL

Golden State Warriors berhasil menghentikan perlawanan Utah Jazz dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Mereka menang 115-108 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Selasa 12 Februari 2019 waktu setempat. Klay Thompson, garda tembak Warriors, menjadi salah satu aktor kemenangan itu. Ia bahkan mencetak rekor baru untuk menghiasi keberhasilan mereka.

Thompson menyumbang 22 poin di pertandingan hari ini. Ia melesakkan sedikitnya tiga tripoin untuk menggeser Dale Ellis (1719) sebagai pencetak tripoin peringkat 17 dalam sejarah NBA. Thompson secara total sudah mengumpulkan 1721 tripoin sepanjang karirnya.

Kevin Durant, forwada, kemudian membantu Thompson dengan tambahan 28 poin dan 7 asis. Stephen Curry di belakangnya dengan 24 poin, 5 rebound, 4 asis, dan 4 steal. Andre Iguodala 13 poin dari bangku cadangan. DeMarcus Cousins dobel-dobel 12 poin dan 10 rebound.

Sementara itu, Jazz bertumpu pada Donovan Mitchell. Pemain tahun kedua itu mencetak 25 poin dan 7 rebound. Ricky Rubio 16 poin, 4 rebound, dan 6 asis. Rudy Gobert dobel-dobel 13 poin dan 16 rebound. Derrick Favors dan Royce O’Neale sama-sama 13 poin. Namun, perolehan kolektif itu tidak juga mengantarkan mereka kepada kemenangan.

Warriors sulit dihentikan di kuarter empat. Padahal Jazz sempat mengambil alih keunggulan di kuarter tiga. Thompson dkk. mengancam di belakang garis busur tripoin sehingga mereka bisa memenangkan pertandingan. Warriors sedikitnya melesakkan 13 tripoin di pertandingan ini.   

Jazz pada awalnya membuka poin lebih dulu, tetapi Warriors segera membalas lewat serangan cepat. Curry melepas umpan, Draymond Green menyambutnya dengan tombokan. Mereka tampak tidak mengalah sejak awal. Jazz bahkan hanya sempat memasukkan 14 poin. Sementara itu, Warriors unggul 12 angka setelah memasukkan 25 poin di kuarter satu.

Dengan selisih 12 poin, Jazz tidak serta merta tumbang saat itu juga. Mereka justru bisa bangkit di kuarter dua. Jazz memasukkan 30 poin tambahan selagi menahan Warriors di angka 22. Tim asal Utah itu memangkas ketinggalan menjadi hanya tiga poin (47-44).

Setelah istirahat, Jazz semakin menekan. Mereka bahkan berhasil membalikkan keunggulan 84-81. Mitchell sedikitnya sudah mengumpulkan 14 poin. Gobert dobel-dobel 13 poin dan 11 rebound. Tiga pemain Jazz lainnya juga bisa mencetak dobel digit poin. Warriors, di sisi lain, mendapat sokongan dari Durant sebanyak 22 poin.

Di kuarter akhir, Warriors mulai bangkit untuk menjemput kemenangan mereka. Curry dan Thompson membantu Warriors kembali merebut keunggulan lewat tembakan-tembakan tripoin. Keduanya mencetak total delapan tripoin di pertandingan ini. Warriors unggul perolehan poin 34-24. Mereka menang 115-108.

Thompson sekaligus mencetak rekor baru saat itu. Ia bisa melewati Dale Ellis (1719) sebagai pencetak tripoin peringkat 17 dalam sejarah NBA. Thompson mengumpulkan tiga tripoin di pertandingan itu sehingga bisa naik peringkat. Ia telah mengumpulkan 1721 tripoin sepanjang karirnya.

Setelah ini, Thompson dan timnya akan mengunjungi Portland Trail Blazers di rumahnya besok. Sementara itu, Jazz baru akan bermain tiga hari lagi melawan Oklahoma City Thunder. (GNP)

Foto: NBA

Komentar