IBL

Golden State Warriors sempat memberikan penghormatan untuk Dwyane Wade ketika Miami Heat berkunjung ke Bay Area. Namun, Warriors justru menghadiahi “Tarian Terakhir” (One Last Dance) Wade dengan kekalahan. Juara bertahan NBA itu menang tipis 120-118 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Minggu 10 Februari 2019 waktu setempat.

Trio Kevin Durant, Klay Thompson dan Stephen Curry menjadi dalang di balik kemenangan itu. Durant mencetak 39 poin. Thompson 29 poin. Curry 25 poin.

Sementara itu, Draymond Green, forwarda Warriors, bisa mengirim 14 asis meski tidak mencetak dobel digit poin. DeMarcus Cousins, senter, menambahkan tujuh poin, termasuk dua tembakan gratis yang memenangkan pertandingan di pengujung kuarter empat. Kedua pemain ini berkontribusi dengan caranya sendiri ketika tiga jagoan lainnya produktif dalam poin.

Di kubu Heat, Josh Richardson menunjukkan penampilan atraktif. Ia mencetak 37 poin dengan akurasi tembakan 63,6 persen. Dion Waiters, garda tembak, membantunya dengan 24 poin. Justise Winslow 22 poin. Hassan Whiteside dobel-dobel 13 poin dan 12 rebound.

Wade sebenarnya sempat menambahkan 10 poin, 6 rebound, dan 9 asis dari bangku cadangan. Namun, tambahan itu tidak juga bisa membantu Heat mengalahkan Warriors. Padahal tim asal Miami itu sempat mendominasi pertandingan.  

Heat membuka pertandingan dengan keunggulan 34-24. Richardson tampil panas sejak tepis mula. Ia bisa mengoleksi 11 poin di kuarter satu sehingga timnya unggul 10 poin.

Di kuarter dua, Heat tidak berkutik menghadapi gempuran serangan Warriors. Tim asuhan Steve Kerr itu bahkan bisa mendekat 54-56 sebelum Waiters melesakkan tripoinnya untuk Heat di pengujung kuarter. Waiters sudah mengumpulkan 14 poin di paruh pertama sementara Warriors mendapat sokongan dari Curry dan Durant yang mencetak total 29 poin.

Setelah istirahat paruh pertama, Warriors tampil panas di kuarter tiga. Mereka bisa memangkas defisit dan unggul 62-61 setelah mencetak 12 poin beruntun. Sejak itu, pertandingan menjadi sengit karena kedua tim bisa saling mengambil alih keunggulan berkali-kali.

Pada akhirnya, Warriors keluar sebagai tim yang unggul. Mereka bisa melakukan itu berkat Durant yang mencetak 14 poin di kuarter tiga. Warriors memimpin setidaknya 12 poin (90-82).

Di kuarter empat, pertandingan semakin sengit. Heat terus menekan hingga berhasil mengamil alih keunggulan. Heat bahkan hampir memenangkan pertandingan. Richardson juga sempat mencuri bola dari Green; mencetak dua poin untuk membawa Heat unggul 118-115 di pengujung kuarter. Namun, Durant menjadi momok bagi Heat di posesi berikutnya. Ia melesakkan tripoin di sayap kanan dengan sisa waktu 44,1 detik.

Dengan sisa waktu itu, Heat berusaha untuk membalas tembakan Durant. Sayangnya, mereka kesulitan mencetak angka karena Warriors memperketat pertahanan. Kemudian, Winslow malah melanggar Cousins. Senter Warriors itu lantas mendapat tembakan gratis yang mengantarkan timnya memenangkan pertandingan.

Warriors menang tipis 120-118 berkat Cousins.

Selanjutnya, Warriors akan menghadapi Utah Jazz lusa. Sementara itu, Heat langsung bermain besok melawan Denver Nuggets. (GNP)

Foto: NBA

Komentar