IBL

Boston Celtics sukses mengakhiri perlawanan Oklahoma City Thunder dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Mereka bisa melakukan itu berkat garda utamanya, Kyrie Irving. Saat itu, Irving mencetak dobel-dobel 30 poin dan 11 rebound. Celtics pun menundukkan Thunder dengan skor 134-129 di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Minggu 3 Februari 2019 waktu setempat.  

Selain Irving, Marcus Morris juga berkontribusi penting dengan mencetak 19 poin dan 7 rebound. Marcus Smart, garda lainnya, menyumbang 18 poin dan 7 asis. Al Horford, senter veteran Celtics, hampir dobel-dobel dengan 17 poin dan 9 asis. Jayson Tatum 11 poin, 7 rebound, 2 asis, 2 steal, dan 2 blok.

Sementara itu, di barisan cadangan, Celtics memiliki pemain seperti Daniel Theis. Senter forwarda Celtics itu mencetak 14 poin. Di sampingnya, ada Jaylen Brown yang mencetak 12 poin. Terry Rozier III menambahkan 10 poin.

Di pihak lawan, Thunder mengandalkan Paul George yang mencetak 37 poin. Russell Westbrook juga kembali mencetak tripel-dobel 22 poin, 12 rebound, dan 16 asis. Steven Adams 16 poin dan 9 rebound. Dennis Schroder 16 poin dan 6 rebound dari bangku cadangan. Jerami Grant 15 poin. Terrance Ferguson 11 poin. Sayang, perlawanan mereka harus berakhir kekalahan. Padahal Thunder terus menempel ketat Celtics selama pertandingan.

Dua tim itu bahkan bermain ketat sejak awal. Celtics memimpin dengan hanya selisih dua poin (31-29) di kuarter satu. Dengan selisih sekecil itu, Thunder  tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat pertandingannya semakin ketat. Mereka bahkan bisa mengimbangi Celtics dengan skor 41-41 di sisa waktu tujuh menit kuarter dua.

Sayangnya, perlawanan Thunder tidak bertahan lama. Celtics bisa mengatasi mereka dengan menambah 25 poin lagi. Sementara itu, Thunder tertahan di angka 17 saja. Alhasil, skor sementara pun berpihak kepada Celtics dengan selisih yang melebar (66-58).

Sampai di kuarter dua itu, Celtics memasukkan sekitar 59,2 persen tembakannya. Akurasi keseluruhan mereka cukup tinggi meski tripoinnya rendah di angka 29,4 persen. Irving dan Horford saat itu menjadi dua faktor yang membuat mereka tetap bisa mempertahankan ketajaman serangannya di area dalam busur tripoin. Mereka memasukkan sedikitnya 13 tembakan dari total 16 percobaan di area itu.

Di kuarter tiga, Thunder kembali menekan. Namun, Celtics lagi-lagi bisa menangani perlawanan tamunya. Mereka tetap unggul 99-93 meski Thunder memperoleh lebih banyak poin di kuarter itu (35-33). Persentase tembakan Celtics bahkan naik ke angka 60 persen.

Setelah istirahat, pertandingan berlanjut ke kuarter empat. Para pemain Thunder yang sudah mengisi ulang tenaga mereka tampak siap menjungkirkan Celtics di sisa 12 menit. Di sisi lain, Celtics berusaha untuk mempertahankan keunggulannya. Keduanya pun jadi bermain ketat lagi karena tidak ada yang mengendurkan permainan.

Thunder sebenarnya berhasil mencetak 36 poin, tetapi Celtics membalasnya dengan 35 poin. Celtics pun akhirnya menang dengan skor 134-129. Mereka benar-benar berjuang mempertahankan keunggulan dari serbuan Thunder.

Selanjutnya, Celtics akan menghadapi Cleveland Cavaliers lusa. Sementara itu, Thunder akan menyambut Orlando Magic di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar