IBL

San Antonio Spurs mesti menghadapi Brooklyn Nets dalam pertandingan sengit di NBA 2018-2019. Pasalnya, Spurs menang tipis dengan hanya unggul tiga poin (117-114) di AT&T Center, San Antonio, Texas, Kamis 31 Januari 2019 waktu setempat. Derrick White, forwarda Spurs, mencetak poin tertinggi 26 poin. Itu merupakan poin tertinggi selama karirnya.

Di samping White, LaMarcus Aldridge juga gemilang di pertandingan ini. Ia mencetak dobel-dobel 20 poin dan 13 rebound. Patty Mills, garda cadangan Spurs, menambahkan 17 poin. DeMar DeRozan dobel-dobel 15 poin dan 10 rebound. Rudy Gay 15 poin. Bryn Forbes 11 poin.

Sementara itu, Nets melawan lewat D’Angelo Russell. Garda utama andalan mereka itu mencetak 25 poin, 5 rebound, dan 9 asis. Joe Harris dan DeMarre Carroll 18 poin. Shabbaz Napier 15 poin. Jarrett Allen 14 poin.

Spurs memenangkan pertandingan berkat permainan mereka di pengujung kuarter. Mereka bisa menahan tekanan Nets sehingga unggul tiga poin di akhir pertandingan. Di saat-saat itu, Aldridge berjasa menjauhkan skor berkat permainanan tiga angkanya (three-points-play) di sisa waktu 51,1 detik.

Spurs dan Nets memang tampil ketat sepanjang pertandingan. Spurs unggul lebih dulu dengan skor 29-25. Namun, Nets berhasil memangkas ketinggalan empat poin menjadi satu saja (51-52) di kuarter dua. Dengan perbedaan setipis itu, otomatis pertandingan di awal kuarter tiga menjadi tambah sengit.

Nets pada akhirnya berhasil mengungguli Spurs setelah mencetak 38 poin lagi di kuarter tiga. Saat itu, Spurs hanya bisa mengumpulkan 33 poin saja. Skor sementara 89-85 untuk Nets.

Di kuarter empat, Spurs tidak menyerah begitu saja. Mereka tim dengan sejarah juara yang luar biasa. Meski sudah tidak diperkuat penggawa legendarisnya, Spurs tetaplah Spurs. Mereka bermain tim untuk menjungkirkan lawannya.

Skor sempat imbang 101-101. Aldridge berusaha mengambil alih keunggulan dengan bermain pos. Namun, tembakannya tidak masuk. Untungnya, DeRozan berhasil menepis bola keluar itu kembali ke melewati ring. Spurs unggul 103-101.

Pertandingan terus berlanjut. Spurs berada di atas angin meski dengan skor tipis 112-111. White kemudian berusaha mengatur serangan sementara Aldridge bermain pos untuk menciptakan ruang. Pada akhirnya, setelah berhasil menciptakan itu, White mengoper kepada Aldridge yang langsung menembak di bawah ring. Saat itu, Harris, garda Nets, menepis lengannya sehingga terjadi pelanggaran. Aldridge mendapat kesempatan menembak gratis yang membuat Spurs terus bertahan dengan keunggulannya. Setelah itu, Spurs tidak terkejar lagi dan menang tipis 117-114.

Spurs kini sudah meraih 31 kemenangan dan 22 kekalahan. Mereka akan bertanding lagi lusa melawan New Orleans Pelicans. Sementara itu, Nets (28-25) akan melawan Orlando Magic di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar