IBL

GMC Cirebon melakukan bongkar pasang tim jelang Piala Srikandi 2018-2019, Seri 2 Jakarta. Dua pemain GMC mengalami cedera berat dan harus naik meja operasi. Nikytta Kiki Philipus mengalami patah tulang bahu, kemudian Deniece Adriana Gunarto juga baru saja menjalani operasi karena dislokasi bahu. Sebagai gantinya, GMC akan menurunkan Isabelle Suryaman dan Monica Kristantia Halim di seri Jakarta nanti.

GMC Cirebon membuat kejutan di Piala Srikandi 2018-2019, Seri 1 Bali, akhir tahun lalu. Mereka mengumpulkan dua kemenangan dari empat laga. Padahal musim lalu, GMC adalah penghuni dasar klasemen karena hanya menang dua kali dari 18 laga.

Peningkatan perfoma GMC dipengaruhi karena hadirnya pelatih baru asal Korea Selatan, Tae Hi Han. Selain itu, mereka juga mendapat tambahan tenaga dari beberapa pemain pinjaman dari Merah Putih Jakarta, yaitu Christie Apriani Rumambi, Bella Sthefani, dan Devina Eugina. Dengan kekuatan barunya, GMC bahkan bisa menumbangkan Tenaga Baru Pontianak (66-63), dan Sahabat Semarang (53-51).

"Kalau saya melihat, di seri Bali kemarin, pemain GMC masih belum tahu persis apa yang diinginkan pelatih Tae Hi Han. Namun, adanya Christie Rumambi bisa menjadi perantara antara pemain dan pelatih. Christie sangat membantu tim kami bermain lebih baik," ungkap Njoo Lie Wen, manajer GMC.

Sayangnya di seri kedua nanti GMC kehilangan dua pemain andalannya, yaitu Nikytta Kiki Philipus dan Deniece Adriana Gunarto. Nikytta harus menjalani operasi karena mengalami patah tulang bahu, sedangkan Deniece mengalami cedera dislokasi bahu saat bertanding di Bali. Dokter pun melakukan tindakan operasi untuk memastikan cedera tersebut tidak terjadi lagi pada Deniece. Absennya dua ujung tombak tersebut tentu sangat berpengaruh pada produktifitas poin GMC. Sebab Deniece bisa mengoleksi 11,7 ppg dan 5,2 rpg. Sedangkan Nikytta mencetak 6,0 ppg dan 5,5 rpg dalam empat pertandingan di seri Bali.

Namun kabar baiknya, mereka bisa memainkan Isabelle Suryaman dan Monica Kristantia Halim. Isabelle adalah satu dari empat pemain pinjaman dari Merah Putih Jakarta. Ia tidak ikut tampil di seri pertama lalu. Isabelle dipastikan bisa bermain di Jakarta nanti. Musim lalu, saat masih bermain bersama Merah Putih, Isabelle mencetak 8,3 ppg, 3,1 rpg, dan 1,0 apg dalam 16 laga. Sementara itu, pemain kedua yang akan tampil di Jakarta bersama GMC adalah Monica Halim atau yang juga dikenal sebagai Monica Liem. Monica adalah adik kandung dari Kristian Liem. Namanya memang sudah masuk roster GMC musim ini. Tapi baru bisa dimainkan di seri kedua. Pemain tim PON Jawa Timur tahun 2016 itu sudah sembuh setelah menjalani operasi lutut.

"Deniece dan Nikytta butuh waktu kurang lebih dua sampai tiga bulan untuk penyembuhan. Beruntung kami bisa memainkan Isabelle dan Monica. Mereka bisa menambal kekurangan kami. Sementara pemain-pemain lain tetap bisa tampil, kecuali Deniece dan Nikytta," sambung Lie Wen.

Kendala lain, GMC tidak bisa berlatih intensif. Sebab beberapa pemain berdomisili di Jakarta. Sementara latihan rutin berlangsung di GMC Arena, Cirebon. Mereka hanya bisa berkumpul pada akhir pekan saja. Solusinya, pelatih harus memberikan pengawasan jarak jauh untuk pemain-pemainnya.

Pada Seri 2 Jakarta, 11-16 Februari 2019 nanti, GMC dijadwalkan bertanding empat kali. Mereka akan berhadapan dengan Flying Wheel Makassar, Scorpio Jakarta, Tenaga Baru Pontianak, dan Sahabat Semarang. Njoo Lie Wen menargetkan bisa memenangkan dua pertandingan di Jakarta. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar