IBL

Kyrie Irving bisa jadi tidak punya kapabilitas bermain basket. Walau begitu, Nick Kyrgios berhasil membawa jiwa sang bintang NBA itu ke ranah yang ia tekuni. Ia bersama Nike baru saja merilis sepatu tenis yang terinspirasi dari sepatu basket Nike Kyrie 5. Hasilnya pun terbilang apik. Edisi ini dinamai Nike Vapor X “Kyrie 5” dan keduanya didapuk menjadi bintang iklan.

Nike selaku sponsor menggabungkan keduanya karena sama-sama berasal dari Australia. Iriving dan Kyrgios dianggap punya kontribusi besar di bidang olahraga yang ditekuni sehingga mengharumkan nama Negeri Kanguru seantero dunia. Petenis yang tengah naik daun itu kabarnya mengenalkan siluet terbaru ini di ajang Australia Open 2019 pada 7-27 Januari. Warna sepatu tenis ini terinspirasi dari edisi Kyrie 5 “Hot Lava” PE yang dipakai Irving saat menghadapi Brooklyn Nets pada 7 Januari 2019.

Dari sisi konstruksi, tersemat beberapa bagian dari sepatu kelima Irving yang dirasa cocok digunakan bermain tenis. Yang pertama adalah struktur temali FlyTrap. Inovasi keluaran Benjamin Nethongkome ini memberi tampilan berbeda namun tetap memiliki fungsi utama merapatkan bagian atas ke kaki saat digunakan. Selain itu, bagian tumit yang lebih tebal dengan logo Hamsa Hand disematkan karena berguna untuk menyempurnakan visi FlyTrap tersebut.

Jembatan pembeda paling kentara ada di bagian sol. Vapor X menggunakan sol sepatu bernama Vapor yang acap diaplikasikan pada sepatu tenis besutan Nike. Sementara bantalan Zoom juga mengalami modifikasi. Selain itu, sang desainer memberikan cangkang pada medial tengah bantalan sebagai pendukung performa. Perubahan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan dukungan ekstra pada para petenis untuk memaksimalkan gerakan-gerakan yang cenderung eksplosif nan bertenaga.

Bagi Kyrgios, proyek ini merupakan momen besar. “Saya akan tampil di negara saya menggunakan sepatu yang mewakili diri saya sebagai atlet membawa nama besar Kyrie Irving,” tuturnya dilansir dari naskah rilis pers. NikeCourt adalah divisi dari Nike yang menangani cabang olahraga tenis dengan Alex Restivo jadi Direktur Produk Sepatu. “Kyrgios sering membicarakan Boston Celtics dan Kyrie Irving. Tak ada salahnya bila kita membuatkannya sepatu yang mewakili hasrat tersebut,” kata Restivo kepada Complex.

Perpaduan tenis-basket sejatinya sudah dilakukan Nike beberapa tahun sebelumnya.  Roger Federer dan Michael Jordan adalah inisiatornya. Pada 2014, NikeCourt merilis Nike Zoom Vapor 3 AJ3. Sepatu ini adalah perpaduan sepatu tenis Federer dengan detail serta tampilan mengadopsi Air Jordan 3 “Black Cement”.

Foto: Nike, Getty Images

Komentar