IBL

Garda utama Toronto Raptors, Kyle Lowry, mengalami peradangan pada punggungnya dalam beberapa minggu ini. Ia bahkan harus absen sembilan kali di 2018-2019 karena—salah satunya—cedera tersebut. Oleh karena itu, tim dokter pun memutuskan untuk mengambil langkah baru.

Menurut keterangan klub, Lowry telah menerima injeksi antiradang untuk mengurangi nyeri di punggungnya minggu lalu di New York, Amerika Serikat. Namun, belum ada kejelasan tentang kapan Sang Garda akan kembali bermain. Ia akan absen sampai waktu yang tidak ditentukan. Raptors hanya akan mengawasi perkembangannya sampai Lowry benar-benar siap bermain lagi.

Kendati demikian, Kepala Pelatih Pelatih Nick Nurse optimis akan pemulihan cedera pemainnya. Ia bahkan percaya, Lowry segera kembali. Nurse mengira pemain berusia 32 tahun itu tengah berusaha melewati rasa sakitnya.

“Saya pikir ia tengah berada pada tahap mengelola rasa sakitnya,” kata Nurse, seperti dikutip Tim Bontemps, ESPN.

Ketika Lowry sedang berusaha mengatasi masalahnya, Nurse dan timnya akan mengawasi pemainnya setiap hari. Sang Pelatih terus memantau proses pemulihan itu supaya Lowry bisa sembuh. Apalagi garda utama andalan Raptors itu telah menjadi salah satu senjata mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Di musim ini, misalnya, Lowry tampil sebanyak 30 kali. Ia mencetak rata-rata 14,4 poin, 9,8 asis, 4,5 rebound, dan 1,4 steal per pertandingan. Pemain kaliber All-Star itu memasukkan sekiranya 43,3 persen tembakan di lapangan, di samping 32,5 persen tripoin dan 84,5 tembakan gratis. Kehilangan Lowry merupakan kehilangan besar bagi Raptors, meski mereka bisa bertahan di papan atas dengan 28 kemenangan dari 39 pertandingan.

Raptors bisa bertahan di papan atas berkat—salah satunya—Fred VanVleet. Sejak Lowry hanya bisa bermain sekali dari delapan pertandingan terakhir, VanVleet berhasil mengisi kekosongan yang ditinggalkannya. Ia mampu bermain sebagai garda utama menggantikan Lowry yang cedera. Pemain bernomor punggung 23 itu bahkan bisa mencetak rata-rata 10,2 poin dengan persentase tembakan 40,3 persen.

Dengan demikian, Nurse boleh sedikit tenang sambil menunggu Lowry benar-benar pulih. Apalagi garda utamanya itu juga punya masalah pada pahanya. Raptors mesti bersabar supaya Lowry setidaknya cukup sehat untuk melakoni pertandingan-pertandingan penting di sisa musim, terutama di playoff. Selagi ada gantinya, Sang Garda tinggal duduk manis terlebih dahulu sambil mengistirahatkan punggung dan pahanya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar