IBL

Setelah merengkuh gelar pemain terbaik NBA, James Harden, garda Houston Rockets, terus menunjukkan kebintangannya. Di NBA 2018-2019 ini, ia menempatkan dirinya sejajar dengan pemain legenda seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant. Ia melakukan itu usai mencetak 400 poin dalam 10 pertandingan.

Menurut Elias Sports Bureau, Harden menjadi pemain pertama yang mencetak poin sebanyak itu dalam 30 tahun terakhir. Sebelumnya, hanya Jordan (2 kali) dan Bryant (3 kali) yang pernah melakukannya. Dengan itu, Harden pun semakin mengukuhkan dirinya bisa berada di level yang sama seperti para legenda NBA. Padahal, di awal musim ini, ia sempat mendapat banyak kritik.

Di saat kritik deras mengalir, Harden berusaha untuk tidak terlalu mendengarkannya. Ia justru menjawab segala kritikan itu dengan aksi di lapangan. Harden bahkan mencetak poin seperti orang kesetanan. Ia mencetak 40+ poin beruntun dalam empat pertandingan terakhir. Selain itu, ia juga tengah memegang rekor mencetak 30+ poin dalam 10 pertandingan beruntun dan 35+ poin dalam 8 pertandingan beruntun sepanjang Desember 2018 lalu.

Segala pencapaian itu pun membuatnya percaya diri menjadi pemain terbaik NBA lagi.

“Maksud saya, ya, tentu saja saya harus ada dalam perbincangan itu,” kata Harden soal gelar pemain terbaik, seperti dikutip ESPN. “Maksud saya, saya dibenci banyak orang, tapi saya tidak akan berhenti menunjukkan semuanya di setiap pertandingan, menunjukkan sehebat apa saya ini.”

Ketika Harden berusaha menunjukkan kemampuan, ia sekaligus membuat timnya meroket. Pada awal musim lalu, Rockets memang sempat terdampar di papan bawah. Namun, setelah Harden mengantarkan mereka memenangkan pertandingan terakhir di 2018 melawan Memphis Grizzlies, Rockets naik ke peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat.

Saat itu, Harden mencetak tripel-dobel 43 poin, 13 asis, dan 10 rebound. Perolehan itu membuatnya berhasil mencetak 35+ poin dan 5+ asis dalam 8 pertandingan beruntun. Ia  mengalahkan Oscar Robertson yang sempat mencetak hal serupa dalam tujuh pertandingan beruntun. Harden ternyata tidak hanya sejajar dengan Jordan dan Bryant, tetapi juga membuktikan bahwa ia unggul dari legenda NBA di tengah orang-orang yang membencinya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar