IBL

New Orleans Pelicans membuka pertandingan pertama di NBA 2018-2019 dengan mengalahkan Houston Rockets. Pelicans menang 131-112 di kandang lawan di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Rabu 17 Oktober 2018 waktu setempat. Anthony Davis menjadi salah satu aktor dalam kemenangan tersebut.

Davis, forwarda, 25 tahun, mencetak dobel-dobel 32 poin dan 16 rebound dengan tambahan 8 asis, 3 blok, dan 3 steal. Ia mampu menyerang dan bertahan sama baiknya di pertandingan ini, juga memberikan kesempatan bagi yang lain untuk ikut bersinar.

Elfrid Payton, misalnya, bisa melakoni laga debutnya bersama Pelicans dengan tripel-dobel 10 poin, 10 rebound, dan 10 asis. Nikola Mirotic, di sisi lain, menyumbang dobel-dobel 30 poin dan 10 rebound. E’Twaun Moore lalu menambahkan 21 poin sedangkan Julius Randle mencetak 25 poin meski tampil dari bangku cadangan.  

Di kubu lawan, James Harden hampir mencetak tripel-dobel dengan 18 poin, 10 asis, dan 9 rebound. Chris Paul dan P.J. Tucker sama-sama mencetak 19 poin. Eric Gordon, sixth man andalan Rockets, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 21 poin. Sayangnya, perolehan mereka tidak cukup untuk memenangkan pertandingan perdananya di NBA 2018-2019.

Pelicans memenangkan pertandingan karena berhasil mencuri start dan menjaga asa di setiap kuarter dengan keunggulan. Mereka memiliki serangan yang lebih efektif dengan varasi tembakan yang beragam. Sedikitnya Pelicans memasukkan 53,1 persen tembakan field goal dengan 40 persen tripoin. Sementara itu, Rockets tertahan di angka 42,4 persen dengan persentase tripoin lebih yang buruk (33,3 persen).

Pelicans unggul lebih dulu 35-29 di kuarter satu. Mereka bisa melakukan itu karena Rockets kesulitan di awal pertandingan. Tembakan-tembakan Rockets yang banyak terjadi di area kunci dan tripoin gagal menemui sasaran. Rockets hanya mampu memasukkan 2 dari 11 tembakan di lima menit pertama. Namun, semua berubah setelah Mike D’Antoni, kepala pelatih Rockets, mengambil jeda (time out) di sisa waktu 6:30 dan mulai memainkan barisan pengganti seperti Carmelo Anthony. Rockets pun memperbaiki serangan mereka sehingga skor tidak terlalu lebar—hanya terpaut enam poin.

Di kuarter dua, sayangnya, serangan Rockets kembali tumpul. Mereka mencoba peruntungannya di area tripoin, tetapi tembakan-tembakan mereka lagi-lagi tidak menemui sasaran. Mereka hanya memasukkan 2 dari 15 tripoin di kuarter itu. Pada titik ini, Rockets tampak memaksakan tembakan-tembakan mereka, terutama karena area bawah ring juga dijaga ketat.

Ketika mencoba jalan lain dengan menyerang di bawah ring, Rockets mengalami kesulitan karena Davis dan Randle bergantian menjaga area tersebut. Davis bahkan beberapa kali berhasil mempersulit Rockets dengan pertahanan dan serangan-serangannya. Ia sudah mengoleksi 18 poin, 8 rebound, 6 asis, 3 blok, dan 1 steal di paruh pertama.

Pelicans menjauh 71-54.

Rockets mencoba mendekati skor di kuarter berikutnya, tetapi Pelicans tetap menjaga asa dengan tidak mengendurkan permainan. Davis dkk. kali ini bahkan memperluas area tembakan mereka dengan lebih sering melepaskan tripoin (5 masuk dari 10 percobaan), di samping terus menyerang lewat area kunci. Mereka pun semakin memperlebar jarak dengan skor 101-84.

Pelicans di atas angin ketika memulai kuarter akhir. Mereka punya cukup jarak yang membuatnya leluasa menjaga asa untuk menang. Namun, pasukan Kepala Pelatih Alvin Gentry itu tidak ingin mengambil resiko. Mereka bermain seperti kuarter-kuarter sebelumnya dengan mengandalkan serangan-serangan di area kunci, terutama karena Davis tidak terkalahkan di sana, tanpa banyak mencoba variasi tembakan jarak jauh yang terkesan memaksa seperti Rockets.

Pada akhirnya, Davis pun membuat pemain-pemain besar Rockets seperti Clint Capela dan James Ennis III tidak sepadan menjaganya. Sementara itu, para garda Pelicans terus menerus memberikan asupan matang yang membuat pemain besar Pelicans mencetak banyak angka. Jure Holiday dan Elfrid Payton mencetak total 18 asis yang membantu mereka memenangkan pertandingan.

Pelicans menang 131-112.

Selanjut, Pelicans akan melawat ke California untuk menghadapi Sacramento Kings lusa. Rockets, di sisi lain, akan menjamu Lakers di Toyota Center tiga hari lagi.

 

Hasil pertandingan lainnya:

Detroit Pistons 103-100 Brooklyn Nets

Indiana Pacers 111-83 Memphis Grizzlies

Orlando Magic 104-101 Miami Heat

Milwaukee Bucks 113-112 Charlotte Hornets

New York Knicks 126-107 Atlanta Hawks  

Toronto Raptors 116-104 Cleveland Cavaliers

Komentar