IBL

Bintang Utah Jazz Donovan Mitchell berbagi kabar gembira. Adidas selaku sponsor baru saja menyelesaikan proyek sepatu basket khususnya. Pengenalan edisi yang dinamai D.O.N ini dilakukan sehari pasca Natal di Negeri Paman Sam. Tahun 2019 akan menjadi masa yang menyenangkan sekaligus menantang bagi sang pemain mengingat ia punya tugas baru, mempopulerkan sepatu khususnya lewat torehan prestasi di NBA.

Persaingan pebasket berjuluk Spida dan Ben Simmons memang sengit tahun lalu. Mereka selalu ditandingkan demi meraih status ruki terbaik. Atmosfer perlombaan semakin sengit ketika keduanya dikontrak oleh sponsor yang notabene jadi lawan besar di bisnis perlengkapan olahraga: Simmons bersama Nike dan Mitchell ke adidas. Meski begitu, setidaknya, Mitchell selangkah lebih maju karena ia lebih dulu memiliki sepatu khusus dari pihak sponsor.

D.O.N merupakan akronim dari Determination over Negativity. Siluet perdana dinamai adidas D.O.N Issue #1 dengan mengambil konsep warna terinspirasi dari pahlawan super Marvel Spiderman. Warnanya tentu kombinasi merah dan biru dengan aksen jaring berwarna putih di bagian samping.

 

Sang pemain sudah mengumumkan proyek ini sejak Juli 2018. Media The Salt Lake Tribune pun mengabarkan bahwa ia sudah mengenakan sepatu dengan tampilan serupa dengan adidas D.O.N selama dua bulan terakhir. Tampaknya, itu menjadi proses penjajakan sekaligus kontrol kualitas demi memenuhi kebutuhan Mitchell. Andy Larsen, pewarta The Salt Lake Tribune, mengindikasi sepatu ini akan dilepas ke publik paling lambat Maret 2019. Hal itu didapat dari wawancara mereka dengan sang pemain saat diundang pada acara pengenalan adidas D.O.N pada 27 Desember 2018.

Proses peningkatan performa masih dilakukan. Oleh karenanya, untuk saat ini, Donovan Mitchell memegang dua prototipe. Satu diantaranya sudah berwarna merah dengan aksen putih. Akun Twitter resmi Utah Jazz pun sudah mengunggahnya pada 28 Desember 2018.

“Menunggu setengah tahun untuk ini sangat menyiksa. Saya tipikal orang yang susah menyembunyikan sesuatu,” tutur Mitchell dilansir dari rilis pers adidas. Ia juga menyatakan harapan lain dengan munculnya sepatu adidas D.O.N. “Saya ingin berkontribusi untuk Utah lewat sepatu ini. Kerabat, keluarga, dan teman akan membuka mata bahwa Utah adalah daerah yang indah. Itu harapan saya kedepan setelah saya bisa bermain gemilang untuk tim dengan mengenakan sepatu baru saya,” lanjutnya.

Sementara dari pihak adidas yang diwakili Rashad Williams, mereka mendaku ingin memberi dukungan penuh pada pemain yang sudah mereka kontrak. “Kami hanya ingin mendukung mereka. Oleh karena itu, kami sebisa mungkin membuat mereka merasa nyaman,” tutur pria yang menjabat Direktur Utama Bidang Olahraga Basket di adidas.

Perkataan Williams dijawab lewat beberapa program. Yang pertama adalah kampanye bertajuk “Rookie?” yang dianggap sebagai awalan baik bagi proyek kolaborasi adidas dan Donovan Mitchell. Lewat aktivitas tersebut, adidas berusaha meyakinkan publik bahwa Mitchell lebih dari seorang ruki. Hal itu dilakukan lewat perilisan busana olahraga yang laku keras.

Proyek kedua, sekaligus yang paling ditunggu Mitchell, adalah perilisan sepatu khusus. Sang pemain kontrak tiga tahun dengan klausul perpanjangan kontrak dengan nilai fantastis apabila semua proyek yang dijalani berjalan sesuai dengan rencana. Tentu akan ada proyek lanjutan apabila kedua belah pihak merasa puas dengan koneksi yang terjalin.

Sejauh ini, belum ada kabar lebih lanjut tentang tanggal perilisan serta harga retail adidas D.O.N. Meski begitu, apa yang dilakukan kedua belah pihak akan membuat dunia persepatuan di NBA berjalan semakin sengit. Hadirnya Puma dan New Balance yang juga mengontrak pemain berbakat sebagai tombak penjualan menambah sengit persaingan di sana. Pantau terus mainbasket.com untuk mendapat informasi lengkap tentang proyek adidas dan Donovan Mitchell.

Foto: NBA

Komentar