IBL

Ruki Dallas Mavericks, Luka Doncic, tidak berhenti membuat orang-orang takjub. Setelah tampil memukau di Eropa, kini ia melebarkan sayapnya di liga tersohor dunia, NBA. Jason Kidd, legenda NBA sekaligus bekas pemain Mavs, juga mengaguminya.

Kidd mengatakan, ia kagum pada kemampuan Doncic. Pemain berusia 19 tahun itu pandai memberikan umpan dan memahami permainan dengan benar. Kidd menilai Doncic selalu bisa mengendalikan permainan. Intelegensi bola basketnya di atas rata-rata. Doncic sangat spesial di matanya. Dengan kemampuan itu, hanya langit yang menjadi batasnya.

“Dia pandai mengumpan,” kata Kidd, pemain yang pernah membawa Mavs juara NBA 2011, seperti dikutip Dallasnews.com. “Saya pikir dia adalah pemain yang sangat bagus. Dia di atas rata-rata anak usia 19 tahun.”

Selain Kidd, rekan setimnya, Wesley Matthews, juga menganggapnya spesial. Ia bahkan merasa tidak perlu membimbing Sang Ruki di musim pertamanya di NBA. Doncic pada dasarnya sudah bukan pemain baru di dunia basket. Ia adalah pemain sarat pengalaman dan prestasi sebelum kedatangannya di NBA.

Sejauh ini saja, Doncic menjadi pemain terdepan dalam perebutan gelar Rookie of the Year. Ia mengangkat Mavs ke papan tengah dengan rata-rata mencetak 17,8 poin, 6,7 rebound, dan 4,3 asis per pertandingan di awal musim reguler 2018-2019. Kini, Mavs pun mencetak rekor 14-11 dan bertengger di peringkat tujuh klasemen sementara.

Kendati demikian, NBA masih terlalu dini untuk memastikan siapa peraih gelar ruki terbaik. Karena selain Doncic, ada pula ruki-ruki yang tampil gemilang di awal 2018-2019. Ada Jaren Jackson Jr., DeAndre Ayton, Collin Sexton, Wendell Carter Jr., Marvin Bagley III, dan Shai Gilgeous-Alexander. Doncic berada di antara mereka dalam perebutan gelar. (GNP)

Foto: NBA

Komentar