IBL

CLS Knights Indonesia belum mampu menundukkan Macau Black Bears (sebelumnya Chong Son Kung Fu), tercatat sejak musim lalu hingga sekarang. Terbaru, CLS Knights kalah 110-117 dari Black Bears, di Nanhai Gymnasium, Minggu, 2 Desember 2018.

Maxie Esho mencetak 26 poin untuk CLS Knights. Upaya Maxie didukung oleh empat pemain inti lainnya yaitu Montay Brandon 24 poin, Wong Wei Long 20 poin, Brandon Jawato 17 poin, dan Stephen Hurt 16 poin.

Sebaliknya, di tim Black Bears, Anthony Tucker menghasilkan 36 poin dan 12 asis. Mikh McKinney membuat 35 poin. Ryan Watkins perkasa di bawah ring dengan torehan 24 poin dan 15 rebound. Terakhir ada Nathan Yu yang menyumbang 11 poin.

Ada tiga faktor yang menjadi pembeda di laga ini. Pertama adalah tembakan tiga angka, kedua offensive rebound, dan ketiga yaitu turn over. Di faktor pertama Black Bears mencetak 12 tripoin dari 34 percobaan. Sedangkan CLS Knights hanya memasukkan 6 tembakan dari 27 percobaan.

Offensive rebound menjadi faktor penentu bagi Black Bears karena berhubungan langsung dengan jumlah skor di kesempatan serangan kedua. Black Bears mengumpulkan 13 offensive rebound dari total 38 rebound. Mereka menghasilkan 16 poin dari kesempatan kedua (second change). Sedangkan CLS Knights hanya mencetak 9 poin dari kesempatan kedua, dengan jumlah offensive rebound hanya 9 kali. Faktor ketiga yang boleh jadi menjadi penentu kemenangan adalah Black Bears mampu memanfaatkan 12 turn over CLS Knights menjadi 17 poin. Sebaliknya, Black Bears hanya melakukan 9 turn over sepanjang pertandingan.

"Sebenarnya kami tidak bermain buruk. Hanya saja kami tidak mampu bermain bertahan dengan baik saat dibutuhkan. Lawan kami merupakan tim yang punya akurasi hebat dan memberikan masalah lewat serangan mereka. Tucker dan McKinney juga banyak membuat poin baik dari tembakan tiga angka maupun penetrasi," ujar Brian Rowsom, kepala pelatih CLS Knights.

Selanjutnya, CLS Knights akan bertandang ke Filipina. Mereka akan mencoba kekuatan juara ABL 2017-2018, San Miguel Alab, pada 9 Desember 2018. (tor)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar