IBL

Stephen Hillenburg, pencipta karakter kartun dan serial televisi Spongebob Squarepant, tutup usia. Penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) adalah penyebab utama ia menghembuskan napas terakhir di usia 57 tahun. Pihak Nickelodeon sudah mengumumkan rilis resmi terkait kabar duka ini setelah informasinya sempat jadi perbincangan di media sosial.

Berikut sepenggal transkrip rilis pers pihak Nickelodeon yang sudah disadur ke dalam bahasa Indonesia:

Dengan pengumuman ini kami mengkonfirmasi berita kematian Stephen Hillenburg. Ia adalah sahabat sekaligus rekan kerja kreatif bagi seluruh awak Nickelodeon. Duka cita mendalam kami sampaikan kepada keluarga. Steve berjasa atas gaya humor unik dan keluguan sosok Spongebob Squarepants yang terbukti menghibur jutaan anak di dunia. Orisinalitasnya dalam menciptakan Kota Bikini Bottom beserta penduduk di dalamnya akan diabadikan sebagai simbol optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas.”

Seragam Delaware 87ers, partisipan NBA G-League, pernah membuat seragam tanding berwarna Spongebob Squarepants. 

ALS menyerang sel saraf yang mengontrol gerak yang disadari, seperti menggerakkan kaki atau tangan, membuat ekspresi wajah, hingga bernapas. Meski tidak memengaruhi kecerdasan, penderita ALS mungkin akan mengalami depresi atau penurunan kemampuan kognitif, seperti mengambil keputusan dan mengingat. Demikian yang diungkapkan oleh Institut Gangguan Saraf dan Stroke Amerika Serikat.

Merujuk pada artikel kesehatan Kompas yang diterbitkan 26 Agustus 2014, penderita ALS didominasi oleh laki-laki. Nama penyakit ini merebak setelah penderitanya kian banyak. Kemudian, muncul tren Ice Bucket Challenge merambah internet dan media sosial demi menyebarluaskan kewaspadaan terhadap penyakit ini. LeBron James, Kevin Durant, Kobe Bryant, Stephen Curry, Charmelo Anthony, James Harden, Yao Ming, dan pemain lain pun melakukannya demi menggalang dana penyembuhan pasien ALS.

Baca Juga: Spongebob dan Chuckie Finster Tampil di NBA G-League

Hillenburg meninggal setelah didiagnosa menderita ALS pada Maret 2017. Ia pun terus berjuang untuk sembuh hingga penyakit itu merenggut nyawanya.

Stephen “Steve” Hillenburg adalah komikus lulusan Humboldt State University dengan jurusan Interpretasi dan Perencanaan Sumber Daya Laut. Pendidikan formalnya itu, ditambah hobinya menggambar, jadi modal utama merancang komik bernuansa kelautan. Pada awalnya, karakter Spongebob dan Patrick dibuat sebagai alat bantu ajar studi kelautan ketika ia bekerja sebagai dosen di Ocean Institute, California.

Aset karakter itu ia kembangkan secara serius. Pada 1987, Hillenburg belajar animasi melalui pendidikan formal di California Institute of Arts dengan fokus Seni Eksperimental. Gelar ini membantunya dalam berkarya setelah lulus pada 1992. Ia kemudian bergabung dengan rumah produksi kartun Nickelodeon demi menambah pundi-pundi serta mengembangkan bakatnya dalam beranimasi.

Setelah tujuh tahun bertugas sebagai produser kartun, ia mendapat kesempatan untuk memproduksi Spongebob Squarepants secara serius. Episode perdana ditayangkan pada 1 Mei 1999 dan tidak pernah berhenti ditayangkan hingga kini. Serial yang juga menyertakan sosok Squidward, Mr. Crab, dan Plankton ini dinobatkan Nickelodeon sebagai serial kartun terpanjang yang pernah mereka tayangkan. Karya Hillenburg sudah disadur ke dalam 60 bahasa dunia seperti Indonesia, Azerbaijan, Urdu, dan Maori.

Selamat jalan Stephen Hillenburg. Karyamu abadi.

Foto: Nickelodeon, NBA G-League

Komentar