IBL

Simone Julia sempat menjadi buah bibir ketika dirinya gagal mendapatkan medali perunggu cabang olahraga ju-jitsu pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Aktris sekaligus atlet cabang olahraga bela diri itu kini turut menggeluti basket. Ia bergabung dengan Tenaga Baru Pontianak di Piala Srikandi 2018-2019 Seri 1 Bali.

Simone terlihat masih menyesuaikan diri dengan basket. Simi, panggilan akrabnya, tampil selama empat menit di pertandingan melawan Sahabat Semarang, Selasa, 27 November 2018. Dia bermain sebagai forwarda.

"Saya dulu, saat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, bermain basket di Singapura. Jadi basket itu olahraga masa kecil saya. Lalu sekarang, saya ingin bermain basket lagi. Tapi tidak pernah dapat komunitas atau klub. Setelah itu, saya bilang ke Fanny (Kalumata), kalau saya ingin bermain basket lagi. Fanny akhirnya mengajak saya ke Tenaga Baru," kata Simi, ditemui usai bertanding.

Simi mengaku saat ini timnas ju-jitsu Indonesia sedang tidak ada kegiatan. Jadi dia memutuskan untuk bergabung dengan Tenaga Baru. Kesulitan yang dihadapi tentu menyesuaikan tubuhnya yang kini punya kekuatan lebih besar daripada pemain lain.

"Karena saya olahraga ju-jitsu, saya harus menyesuaikan kekuatan yang harus saya keluarkan untuk bermain basket. Melempar bola dan shooting tentu harus dikurangi kekuatannya. Tapi muscle memory untuk basket saya rasa masih ada di tubuh saya," jelasnya.

Perempuan kelahiran 8 Agustus 1990 itu memiliki tinggi badannya 1,73 meter. Ia bertanding di kelas berat 62 kilogram. Di Ju-Jitsu, ia sudah memperoleh dua medali emas Kejuaraan Nasional (Kejurnas), satu medali emas Indonesian Submission Championship, dua medali emas kejuaraan Ju-Jitsu di Malaysia, dua medali perunggu International Brazilian Jiu-Jitsu Federation (IBJJF), Ju-Jitsu Championship Manila Open, dan medali perak pada ajang Ju-Jitsu Thailand Open World Ranking.

Simi merupakan keturunan Kanada-Indonesia. Tetapi ia lahir di Indonesia. Simi menghiasi layar kaca dengan berperan sebagai Nicole di komedi situasi berjudul Kelas Internasional. (*)

Foto: Hariyanto

Komentar