IBL

Sudah jatuh tertimpa tangga. Peribahasa itu layak untuk menggambarkan situasi yang dialami penggawa Miami Heat, Josh Richardson. Richardson yang frustasi karena dikeluarkan dari gim melempar salah satu sepatunya ke tribun penonton. Sikap itu tidak bisa ditoleransi oleh NBA sehingga sang pemain mendapat hukuman tambahan berupa denda sebesar AS$ 25.000.

Kejadian ini terjadi ketika Miami Heat dikalahkan di kandang oleh Los Angeles Lakers 113-97. Di kuarter pamungkas, tepatnya menit 6:31, Richardson menerima technical foul yang membuatnya dikeluarkan. Ini merupakan yang pertama baginya sepanjang empat tahun berkarir di NBA.

Rasa frustasi menghinggapinya sehingga ia berulah demikian. Richardson mencoba melayangkan dunk yang berakhir dengan sedikit senggolan dengan Josh Hart. Ia merasa gerakan Hart mengganggunya hingga ia terjatuh dan sepatunya terlepas. Wasit membiarkannya dan tampaknya ia tidak bisa menerima keputusan tersebut.

Pelatih Erik Spoelstra memutuskan memanggil Richardson untuk kembali ke bangku cadangan. Saat ia berjalan ke bangku itulah ia melakukan tindakan tidak terpuji itu. Wasit menganggapnya sebagai pelanggaran teknis dan ia pun dikeluarkan dari gim. Keputusan itu berujung tidak berhenti di situ. NBA menganggapnya sebagai tindakan tidak terpuji sehingga mereka memutuskan menurunkan hukuman lanjutan.

“Saya tidak mau memberi komentar apapun terkait hal tersebut. Yang terlintas di pikiran saya hanyalah rasa frustasi yang mendalam,” tutur sang pemain kepada Reuters. Spoelstra pun merasakan kekecewaan terkait keputusan ini. “Saya melihat ada sedikit kontak yang terjadi hingga sepatunya terlepas. Kejadian yang terabaikan itu bisa jadi adalah sumber rasa frustasi yang mendera pemain saya,” ujar sang pelatih.

Spoelstra mengiyakan komplain Richardson tentang kemungkinan pelanggaran yang terabaikan. Akan tetapi, ia tetap tidak menyetujui tindakan melempar sepatu yang dilakukan.

Richardson bukan yang pertama di yang mendapat hukuman denda. NBA memang menetapkan peraturan denda dengan nominal tertentu bagi para pemain yang melempar benda apapun ke arah tribun. Bobby Marks dari ESPN mencatat Kyrie Irving, Austin Rivers, dan Stephen Curry didenda dengan nominal serupa karena melempat benda ke bangku penonton. (ajb)

Foto: Michael Reaves/Getty Images

Komentar