IBL

Dua kontestan ASEAN Basketball League (ABL) 2018-2019 CLS Knights Indonesia dan Wesports Malaysia Dragons menjalani laga uji coba di GOR Kertajaya, Surabaya, Kamis malam, 8 November 2018. Laga ini dimenangkan oleh CLS Knights Indonesia dengan skor 74-40. Meski menang, CLS Knights masih belum memuaskan.

Penampilan CLS Knights melawan Dragons terlihat dominan. Ada beberapa faktor yang memengaruhi. Salah satunya karena Dragons tidak menurunkan semua pemain asingnya. Dua pemain asing yang bermain adalah Nnanna Egwu dan Chris Eversly. Kemudian faktor yang lain karena kondisi lapangan licin. Beberapa pemain Dragons sulit beradaptasi dengan kondisi tersebut. Sementara pemain CLS Knights tidak mengalami masalah dengan lapangan.

CLS Knights unggul 37-22 di babak pertama. Keunggulan tersebut terus melebar hingga sempat memimpin 36 poin (71-35) di menit-menit akhir kuarter keempat. Tidak ada pemain CLS Knights yang terlihat menonjol di laga ini. Namun kekompakan tim CLS Knights menjadi senjata ampuh. Stephen Lane Hurt mencetak 12 poin dan delapan rebound, sedangkan Arif Hidayat menambahkan 10 poin.

CLS Knights mencetak 34 poin dari area kunci ditambah 42 rebound dan 20 asis. Selama pertandingan, CLS Knights hanya melakukan lima turn over dan sama sekali tidak melakukan pelanggaran atau nol personal-foul. Tetapi ini belum sesuai yang diinginkan oleh tim pelatih.

"Saya lihat memang belum sesuai dengan keinginan kami. Kami tim pelatih ingin pemain setidaknya melakukan 20 possession dalam satu kuarter, itu belum tercapai. Kemudian secara akurasi tembakan FG kami juga kurang bagus. Hanya 39 persen (28 dari 71 percobaan, termasuk 10 dari 32 tripoin). Karena dengan akurasi seperti ini, kami belum bisa mendapatkan kemenangan di ABL," ucap Asisten Pelatih Koko Heru Setyo Nugroho.
Di pertandingan ini, sudah terlihat pemain baru CLS Knights, Rivaldo Tandra Pangesthio. Namun ia tidak diturunkan di pertandingan uji coba tersebut. Selanjutnya, CLS Knights kembali bertanding melawan Dragons, Jumat, 9 November 2018. Ini menjadi rangkaian program uji coba Dragons di Indonesia. Hari Sabtu, 10 November 2018, Dragons akan mencoba kekuatan Pacific Caesar Surabaya, kontestan Indonesian Basketball League IBL 2018-2019.(*)

Foto: Yoga Prakasita dan Alexander Anggriawan

Komentar