TIMNAS

Brandon Jawato kembali ke Indonesia. Kali ini ia bergabung kembali dengan CLS Knights. Pemain yang pernah membela Pelita Jaya di IBL 2016 itu kini bergabung dengan CLS Knights untuk ASEAN Basketball League (ABL) 2018-2019. Jawato bukan nama yang asing untuk CLS Knights, sebab ia sudah pernah berlatih bersama tim Surabaya tersebut.

Indonesia Basketball League (IBL) 2016 silam, diramaikan beberapa pemain naturalisasi. Mereka antara lain Jamarr Andre Johnson, Anthony Ray Hargrove, Anthony Wayne Cates Jr., Ebrahim Enguio Lopez (Filipina), dan Brandon Jawato (Amerika Serikat). Memasuki musim reguler yang bermain sampai akhir adalah Jamarr Johnson (CLS Knights), Brandon Jawato (Pelita Jaya), Ebrahim Enguio Lopez (Stapac Jakarta).

Brandon Jawato adalah putra dari Nyoman Jawato dan Belinda Van Dorn. Dia muncul di basket Indonesia pada bulan Agustus 2015. Sebelumnya, ia mendapatkan beasiswa dari Amateur Athletic Union Basketball. Jawato juga tampil untuk Hawaii Rainbow Warriors milik University of Hawaii di Manoa. Ia pun sempat berlatih bersama CLS Knights di GOR Kertajaya.

Alih-alih merapat ke CLS Knights, Jawato justru menandatangani kontrak kerjasama dengan Pelita Jaya, 5 September 2015. Pemain kelahiran 3 Juni 1993 tersebut akhirnya bermain di IBL 2016.

Setelah berakhirnya musim 2015-2016, Jawato menghilang dari basket Indonesia. Forwarda setinggi 1,93 meter tersebut sepertinya tidak bermain basket lagi. Ia tampak fokus menyembuhkan cedera meniscus yang dideritanya. IBL saat itu menerapkan aturan bahwa pemain naturalisasi dianggap pemain asing. Jadi tim yang punya pemain tersebut dianggap sudah mengambil jatah satu kuota pemain asing.

Kabar kembalinya Jawato ke Indonesia sudah tersirat dari unggahan instagram story Managing Partner CLS Knights, Christopher Tanuwidjaja beberapa waktu lalu. Ia menuliskan "Welcome BJ". Tentunya penggemar basket tahu siapa yang akan merapat ke CLS Knights Indonesia jelang ABL 2018-2019. Tim ini juga baru kehilangan Ebrahim Enguio Lopez yang memilih untuk kembali ke Filipina setelah membela CLS Knights pada musim pertamanya di ABL 2017-2018.

Kamis, 23 Agustus 2018, Brandon Jawato sendiri yang mengumumkan kabar gembira tersebut. Dalam akun instagram pribadinya, Jawato mengunggah foto dirinya berseragam CLS Knights dengan nomor jersey 3.

"Bangga mengumumkan bahwa saya telah menandatangani (kerjasama) dengan CLS Knights di Asean Basketball League musim 2018-2019. Saya berharap bisa memberikan semua yang terbaik untuk tim saya. Saya juga berterima kasih kepada staf dan tim ini karena memberi saya kesempatan dan percaya dengan bakat yang saya miliki." Begitulah kutipan pernyataan Jawato yang ditulis dalam kolom komentar.

CLS Knights finis di peringkat 7 dari 9 peserta di ABL 2017-2018. Mereka mengoleksi lima kemenangan dari 20 pertandingan. Musim depan, komposisi CLS Knights berubah. Setelah Ebrahim Enguio Lopez tidak lagi ada di tim ini, Mario Wuysang juga ikut pamit. Mario menyatakan pensiun dari basket profesional. Kabar bergabungnya Jawato membuat penggemar CLS Knights sudah tak sabar ingin melihat aksinya bersama Sandy Febiansyakh dan kawan-kawan. (*)

Foto: Instagram @bjawato, @clsknights, @pelitajayabasketball

Komentar