IBL

Kancah musik Korea Selatan terbukti mampu merambah dunia Hollywood. Album boyband BTS asal Korea Selatan telah meramaikan klasemen lagu Billboard Hot 200 dalam beberapa minggu belakangan. Kepopuleran mereka semakin terasa ketika Puma mengajak BTS untuk berkolaborasi. Kedua belah pihak sepakat menghadirkan BTS x Puma Basket yang sudah dirilis di pasaran.

Sepatu hasil modifikasi ini menggunakan warna putih dan hitam sebagai warna dasar. Bahan atas menggunakan bahan kulit domba dengan sol karet yang tebal. Warna ini sebagai pengingat basket era 1970-an dimana sepatu basket pemain NBA diwajibkan berwarna hitam atau putih.

Perubahan cukup kentara terlihat pada bagian sol. BTS sepakat menggunakan sol karet bening dengan logo bunga tersemat didalamnya. Mereka juga menerapkan sol samping berwarna putih. Selain itu, tersemat tanggal terbentuknya BTS pada bagian samping sepatu.

Boyband yang digawangi Jungkook, Suga, J-Hope, V, Jin, Jimin, dan RM ini telah menandatangani kontrak dengan Puma sejak 2014. Tahun ini, mereka didapuk menjadi duta produk olahraga asal Jerman itu untuk kepentingan promosi internasional setelah sebelumnya hanya untuk kawasan Asia. “Kami merasa senang bisa berkembang bersama mereka (BTS). Melalui kerja sama ini, kami bisa menghasilkan kampanye produk yang apik, seperti yang sudah kita lakukan empat tahun belakangan,” ujar Adam Petrick selaku Marketing Global Puma kepada Hypebeast.

Puma Basket merupakan pengembangan dari siluet klasik Puma Suede yang pertama kali diperkenalkan pada 1968. Sepatu tersebut jadi andalan para pebasket era 1970-an dimana sepatu berbahan kulit jadi sepatu basket paling mutakhir kala itu. Diversifikasi produk lalu dilakukan Puma setelah merekrut Walter Frazier pada 1972. Pemain yang akrab disapa Clyde itu membuat permintaan modifikasi khusus untuk Puma Suede miliknya. Jadilah Puma Clyde yang kini jadi dasar pembuatan sepatu basket modern besutan Puma.

Puma Basket juga merambah ranah anak muda melalui kultur hip-hop dan b-boy yang tenar tahun 1980-an. Meski tidak begitu tenar seperti saudaranya Puma Suede, Puma Basket jadi pilihan para anak muda karena dianggap mendukung penampilan mereka. Kini, kultur tersebut masih melekat di siluet Puma Basket.

Foto: Puma

Komentar