IBL

Tahun 2017 bukan tahun yang terlalu gempita bagi Rihanna. Jarang kita melihatnya bernyanyi secara langsung atau di televisi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana ia aktif menelurkan karya: lagu, kolaborasi, hingga album. Hanya beberapa kolaborasi yang ia lakukan dengan musisi lain tahun ini.

Namun, bukan berarti Rihanna tak membuat kejutan. Kejutan itu justru datang dari negara kelahirannya, Barbados. Negara di kawasan Karibia tersebut baru saja mengganti nama jalan tempat Rihanna kecil tumbuh dengan nama penyanyi berkulit eksotis ini.

Berbicara mengenai pemberian penghargaan bagi artis, penghargaan berbentuk piala atau menjadi duta sebuah merek mungkin sudah biasa. Namun, menjadi nama jalan di suatu daerah merupakan penghargaan tertinggi yang bisa didapat. Penghargaan tersebut setara dengan pahlawan nasional. Deretan artis wanita yang pernah mendapatkannya antara lain Katherine Hepburn, Judy Garland, Fred Astaire, dan yang terbaru adalah Rihanna.

Robyn Rihanna Fenty kecil tumbuh di sebuah daerah bernama St. Michael. Rumahnya terletak di Westbury New Road. Memang bukan jalan utama di Barbados, Hanya sebuah jalan di daerah pemukiman yang sederhana dan tenang. Namun, daerah itu jadi destinasi kunjungan wisatawan di Barbados sejak pelantun lagu “Umbrella” itu melejit selama kurun 10 tahun terakhir.

Kabar menggembirakan tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Barbados, Freundel Stuart, pada 13 Oktober silam. Sedangkan upacara pemberian nama telah dilaksanakan bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Barbados, 30 November 2017. Rihanna pun turut hadir acara tersebut dan meluapkan kegembiraannya dalam sebuah pidato singkat.

Dalam pidatonya, Rihanna mengungkapkan rasa tersanjung akan pemberian ini. Berikut kutipan pidato yang disampaikan Rihanna dihimpun dari Hello Giggles:

Selamat datang di Rihanna Drive, rumah saya. Kehidupan saya terbentuk dari jalan ini. Dulu, saya hanyalah gadis pantai kecil yang suka bersepeda di kala sore dan mengejar layang-layang hingga ke daerah pemakaman. Namun saya punya mimpi besar! Mimpi itu muncul disini. Terima kasih saya ucapkan pada keluarga, kepada Barbados, dan tentunya warga Westbury New Road. Kalian akan jadi bagian dalam hidup saya dan saya sangat tersanjung akan pemberian nama ini

Berbagai prestasi telah ditorehkan penyanyi berusia 29 tahun ini di tahun 2017. Beberapa bulan lalu, Ia bersama Pangeran Harry menjadi duta HIV/AIDS dan melakukan pidato dihadapan Dewan Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Amerika Serikat. September lalu, ia baru saja merilis lini kosmetik miliknya bernama “Fenty Beauty”. Kolaborasinya dengan Puma untuk Puma Fenty Creepers pun kini digandrungi para penggemarnya.

Selamat kepada Rihanna. Semoga pemberian ini membuatnya semakin termotivasi untuk membuahkan karya-karya lainnya. 

Sumber Foto: Vevo, Billboard, Puma

Komentar