ABL

Drake baru-baru ini meraih rekor dari album terbarunya bertajuk Scorpion. Kabar itu disampaikan Republic Records Media selaku label yang menaungi album tersebut kepada Forbes. Republic Records mengumumkan bahwa album Scorpion telah didengar secara daring (streaming) 50 miliar kali di semua platform mulai dari Spotify, AppleMusic, Tidal, dan lainnya.

Sebelumnya, Scorpion telah memecahkan rekor lain. Selama seminggu pertama, album tersebut telah didengar sebanyak satu miliar kali. Pencapaian tersebut mengalahkan rekor Post Malone saat album keduanya bertajuk Beerbongs and Bentleys didengar 700 juta kali pada minggu pertama perilisan April 2018 lalu.

Scorpion adalah album kelima Drake sepanjang berkarir di belantika musik internasional. Album ini resmi dipublikasikan pada 29 Juni 2018.

 

Meski demikian, hingga saat ini masih sulit menentukan angka sahih total suatu album diperdengarkan secara daring. Hal tersebut disebabkan setiap platform memiliki data dan regulasi penghitungan tersendiri. Hal itu terbukti dari data pengumpulan total angka yang mereka umumkan pada beberapa jam terhitung sejak album Scorpoin dirilis Melalui AppleMusic, album Scorpion didengar sebanyak 10 juta kali sementara Spotify menyatakan 13 juta kali. Atas fakta ini, Republic Records menduga bahwa seharusnya Drake mampu mencetak angka lebih dari 50 miliar. Karena kesimpangsiuran tersebut maka label yang juga menaungi Ariana Grande dan The Weeknd itu mengambil angka bawah dari data yang terkumpul.

Terlepas dari data yang beragam, Drake masih tetap jadi salah satu musisi tersukses serta terkaya pada 2018. Ia masuk nomor 53 dari daftar 100 musisi terkaya tahun 2018 versi Forbes. Ada banyak faktor yang mempermudahnya mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Mulai dari bisnis pakaian lewat lini busana October’s Very Own (OVO), honorarium lagu dari pelbagai bidang, pendapatan selaku pemiliki Toronto Raptors, penjualan album, serta bisnis lain.

Sumber kekayaaan Drake dari aplikasi musik daring tersebut juga tergolong besar. Musisi akan mengantongi honorarium sebesar AS$0,005 setiap lagunya dinikmati pendengar di aplikasi musik. Bila karya Drake telah diperdengar 50 miliar kali, itu artinya ia mengantongi AS$ 250 juta.

Foto: Kevin Mazur/WireImage, Billboard

Komentar