IBL

Kita tentu sering melihat tim Novi Sad Al Wahda Serbia langsung tampil di babak penyisihan grup saat berlaga di FIBA 3x3 World Tour Masters. Karena mereka hampir selalu menjadi juara Challenger. Tetapi kali ini berbeda. Novi Sad Al Wahda harus melalui babak kualifikasi lebih dulu di Prague Masters 2018, 4-5 Agustus lalu. Meski begitu Dusan Domovic Bulut dan rekan-rekan berhasil menjuarai turnamen tersebut sekaligus mencetak sejarah sebagai tim yang memulai dari babak kualifikasi.

Di hari pertama, Novi Sad Al Wahda memastikan lolos ke babak utama setelah mengalahkan Prague CBC (Republik Ceko) dengan skor 21-19. Kemudian di laga kedua mereka menang 20-8 atas Antwerp (Belgia). Kemenangan tersebut membuat Novi Sad Al Wahda masuk ke grup D yang dihuni Belgrade (Serbia) dan Humpolec Bernard (Republik Ceko). Kali ini Novi Sad Al Wahda tidak diperkuat Marko Dzero yang cedera. Sebagai penggantinya, mereka memasukkan Tamas Ivosev, pemain asal Hungaria.

Pada babak penyisihan grup, lagi-lagi Novi Sad Al Wahda tampil mengesankan. Mereka menang 21-12 atas Humpolec dan menundukkan sesama tim Serbia, Belgrade dengan skor 21-19. Perjalanan di babak playoff pun mulus tanpa hambatan. Novi Sad Al Wahda menang dengan skor telak 21-9 atas Ralja Serbia. Lalu menaklukkan Gdansk (Polandia) dengan keunggulan 21-11. Di partai final, dengan kepercayaan diri yang tinggi, mereka menang mutlak, 21-12, atas tim Rusia, Gagarin.

Dusan Domovic Bulut tampil perkasa dengan mencetak 42 poin selama turnamen, termasuk 12 poin yang ia cetak di laga final melawan Gagarin. Pemain berusia 31 tahun tersebut mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik (MVP) untuk kesembilan kalinya di FIBA 3x3 World Tour.

FIBA 3x3 World Tour Masters atau Tur Dunia Seri Masters berikutnya akan berlangsung di Olympic capital of Lausanne, Swiss. Turnamen 3x3 profesional dunia itu akan berlangsung pada 24 hingga 25 Agustus mendatang.(*)

Foto: fiba.com

Komentar