IBL

Lahirnya sekolah bagi anak-anak kurang beruntung yang didirikan oleh LeBron James membawa efek positif di lingkungan pemain NBA. Beberapa pemain mengungkapkan kekaguman atas apa yang dilakukan James secara langsung di media sosial masing-masing. Pemain seperti Dwyane Wade hingga Isaiah Thomas bahkan tak sungkan menyebut James sebagai panutan yang layak ditiru oleh semua orang.

Tak berhenti di situ, aksi James juga membawa dampak langsung pada beberapa pemain NBA. Tercatat ada dua pemain yang langsung melakukan aksi nyaris serupa dengan James. Peraih gelar Most Valuable Player (MVP) termuda dalam sejarah NBA, Derrick Rose menjadi pertama yang menyusul langkah James. Melalui akun Twitter pribadinya, Rose mengumumkan mengadakan program beasiswa dengan nama The Rose Scholars Program.

Program ini diluncurkan untuk siswa-siswa SMA dari tahun kedua (sophomore) hingga tahun keempat (senior). Untuk mendapatkannya, para peserta harus membuat semacam karya tulis yang menyebutkan mengapa mereka layak mendapatkan beasiswa ini. Selain itu, ada beberapa persyaratan dasar yang harus diikuti seperti nilai minimum, kewarganegaraan dan lain-lain.

Nantinya akan ada tiga pemenang yang dipilih oleh Rose untuk memenangi total hadiah AS$400 ribu. Separuh dari hadiah tersebut diberikan kepada pemenang pertama dengan rincian diberikan dalam kurun enam bulan sekali selama empat tahun. Sisanya akan dibagi kepada dua pemenang lainnya dengan cara sekali pembayaran.

Selain Rose, aksi James juga menggugah garda Orlando Magic, Jerrian Grant. Keponakan legenda NBA, Horace Grant, ini juga melakukan aksi amal yang diumumkan melalui akun Twitter pribadinya. “@KingJames telah menginspirasi saya. Saya belum mampu membangun sekolah, tapi saya mampu memberi beberapa tas dan peralatan sekolah. Datang dan ambil jika kalian memperlukannya pada Kamis nanti,” unggahnya 30 Juli 2018 lalu.

Tak sendiri, acara ini juga diikuti oleh pemain Milwaukee Bucks, Pat Connaughton dan tim kampus Jerrian, University of Notre Dame. Ini menjadi ajang tiga pihak tersebut untuk berkontribusi lebih pada masyarakat di sekitar mereka.

Acara amal sebenarnya cukup sering terjadi di lingkungan NBA. Bahkan, NBA secara khusus menggelar acara NBA Cares yang rutin digelar tiap tahunnya. Akan tetapi, apa yang dilakukan LeBron James memang sesuatu yang jauh berbeda dari itu. Apa yang ia lakukan berhasil menginspirasi pemain-pemain NBA lainnya untuk berkontibusi lebih bagi lingkungannya.

Foto: NBA, Twitter @drose, Twitter @jerriangrant

 

Komentar