IBL

Sosok LeBron James sebagai salah satu nama pebasket terbesar dalam sejarah NBA dan dunia membuat segala tentangnya tak pernah habis dibahas. Mulai dari perjalanan karirnya di NBA, menghadiri pertandingan basket anaknya, bisnis, hingga seberapa besar pundi-pundi uang yang berhasil ia kumpulkan sejauh ini sering dikupas oleh beberapa media.

Terbaru, ESPN memberitakan bahwa James dan keluarga sedang menanti salah satu momen besar dalam hidup mereka. Bapak tiga anak ini akan segera membuka sekolah di kota kelahirannya, Akron, Ohio, Amerika Serikat, Senin, 30 Juli 2018, waktu setempat. Sekolah ini didirikan oleh LeBron James Family Foundation dan Akron Public Schools (sekolah negeri) untuk anak-anak yang kondisinya kurang beruntung. Dalam kasus ini, kondisi kurang beruntung di Amerika Serikat lebih ke arah latar belakang keluarga mereka. Tidak hanya yang kekurangan materi, keluarga-keluarga yang bermasalah dengan obat-obatan, kekerasan, dan hal semacamnya mendapat perhatian khusus dari James.

Sekolah ini diberi nama I Promise School ini sudah direncanakan oleh James dan keluarga dalam kurun sedekade terakhir. “Perasaan gugup menyambut hari pertama masuk sekolah datang kembali! Besok (Senin) akan menjadi salah satu momen terbaik dalam hidup saya seiring pembukaan sekolah I Promise. Anak kecil nan kurus dari Akron yang bolos 83 hari saat kelas empat memiliki mimpi yang besar dan akan segera terwujud,” cuit James di akun Twitter pribadinya.

Cuitan tersebut mengacu pada pengalaman hidup kelam James semasa kecil. Gloria Marie James, ibunda James, melahirkannya saat baru berusia 16 tahun. Dibesarkan tanpa seorang ayah, James mengalami masa sulit saat menginjak kelas empat. Ia harus mengikuti ibunya berpindah tempat tinggal terus-menerus akibat kesulitan menemukan pekerjaan. Memasuki kelas lima, Gloria merelakan LeBron untuk diasuh oleh keluarga Walker, Frank dan Pam. Frank adalah seorang pelatih tim sepak bola Amerika lokal di Akron. Bersama keluarga Walker, James mencatatkan kehadiran 100 persen di kelas lima.

I Promise mempekerjakan sekitar 40 orang yang akan membantu perkembangan anak-anak ini dari segala aspek, tak hanya edukasi formal. Nantinya, anak-anak yang berhasil berkembang sesuai target yang ditetapkan akan diberikan tambahan beasiswa penuh di bangku kuliah. Kampus yang dipilih adalah University of Akron. Tak hanya anak-anak, James juga menyiapkan program bagi para orang tua. Ia memberi kesempatan bagi para orang tua yang mengalami nasib seperti ibunya untuk kembali mengenyam pendidikan SMA hingga kuliah.

Tidak dijelaskan berapa angka pasti yang dikeluarkan James dan keluarga untuk program ini. Namun, diyakini angkanya mencapai enam digit (jutaan) dollar. “Mimpi besar saya adalah untuk memberi anak-anak di Akron segala yang mereka butuhkan untuk menemukan mimpi dan gairah mereka. Membalas apa yang diberikan kota ini dan merubah dunia menjadi tempat yang lebih baik. Itulah tujuan sekolah ini, orang-orang ini, dan Akron. Kita akan melakukannya hingga berhasil!,” imbuh cuitan James.

James akan menghadiri upacara pembukaan dan persemian I Promise. Di sisi lain, ia juga menjanjikan akan menggelar temu wartawan dan membahas tentang perpindahannya ke Los Angeles Lakers. Ini akan menjadi kali pertama James berbicara tentang perpindahannya ke Lakers di publik sejak pengumumannya 2 Juli 2018.

Foto: lebronjamesfamilyfoundation.org , Sports Illustrated

 

 

Komentar