IBL

Road To Final 8 FIBA Asia Champions Cup 2018 berlanjut. Pelita Jaya Indonesia akan kembali bertanding di FIBA Asia Champions Cup 2018 East-Inter Sub Zone Qualification atau Wilayah Asia Timur. Kejuaraan tersebut berlangsung di Nonthaburi, Thailand, pada 30 Juli hingga 1 Agustus mendatang.

Pelita Jaya yang berisi pemain-pemain timnas Indonesia untuk Asian Games 2018 sebelumnya hanya berhasil menempati urutan kedua pada Kualifikasi Wilayah Asia Tenggara. Mereka kalah 81-94 dari wakil Thailand, Mono Vampire. Walaupun kalah, Pelita Jaya tetap melaju ke fase berikutnya.

Baca Juga: Kalahkan Pelita Jaya, Mono Vampire Juara FIBA Asia Champions Cup SEABA Qualifier

Turnamen ini akan diikuti tiga tim saja yaitu Mono Vampire, Pelita Jaya dan Pauian Archiland dari Taiwan. Pauian lolos ke babak ini setelah menjuarai Super Basketball League (SBL) pada 29 April lalu. Mereka menjadi juara setelah memenangkan pertarungan melawan Fubon Braves (4-2). Dari hasil turnamen ini, akan diambil dua tim teratas yang berhak melaju ke Final 8 FIBA Asia Champions Cup 2018. Di putaran Final nanti bergabung pula tim berkualitas dari Cina, Korea, Jepang, Filipina dan dua tim dari Asia Barat.

Mono Vampire punya ambisi besar untuk kembali ke turnamen puncak Piala Champions Asia tahun ini. Sebab di tahun 2017 lalu, mereka hanya mampu finis di urutan keenam. Mono Vampire semakin yakin untuk bisa berprestasi lebih baik setelah mendapatkan gelar juara Thailand Basketball Super  League (TBSL) 2018 dan menjadi finalis ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018.

Sementara itu, Pauian Archiland juga punya ambisi serupa dengan Mono Vampire. Pada edisi Piala Champions Asia 2016, tim asal Taiwan itu hanya bisa menduduki peringkat keenam dari delapan peserta. Mereka juga berniat kembali ke fase puncak. Sedangkan tim Pelita Jaya baru kali ini tampil di Piala Champions Asia. Bila mereka mampu mencuri kemenangan dari dua tim tersebut, maka akan punya kesempatan mencetak prestasi seperti Aspac Jakarta. Aspac pernah menduduki peringkat ketiga di Piala Champions Asia 1997 di Jakarta.

Piala Champions Asia FIBA merupakan turnamen antarklub basket profesional di kawasan Asia. Turnamen ini dulu dikenal dengan Asian Basketball Confederation (ABC) Champions Cup sejak tahun 1981 hingga 2002. Selama 27 kali gelaran Piala Champions Asia, Indonesia sempat menjadi tuan rumah empat kali yaitu 1988, 1990, 1997 dan 2009.(*)

Foto: Facebook FIBA Asia Champions Cup

Komentar