IBL

Babak kedua Kualifikasi Piala Champions Asia FIBA 2018 akan segera dimulai. Wakil Indonesia, Pelita Jaya kembali tampil setelah mereka bisa menduduki peringkat kedua di Kualifikasi Wilayah Asia Tenggara beberapa waktu lalu. Namun kini berbeda, karena Pelita Jaya membawa tim yang baru.

Baca Juga: Pelita Jaya Indonesia akan Kembali ke Kualifikasi FIBA Piala Champions Asia

Pada Kualifikasi Wilayah Asia Tenggara, 8-10 Mei 2018 lalu, Indonesia menjadi runner-up setelah kalah 81-94 dari Mono Vampire Thailand. Meskipun kalah, Indonesia tetap maju ke babak berikutnya. Saat itu, tim Pelita Jaya berisi pemain-pemain Pelatnas Asian Games 2018. Ditambah dua pemain asing Adrian Forbes dan Jeleel Roberts.

Sedangkan kali ini berbeda. Pelita Jaya hanya diperkuat 11 pemain yang semuanya lokal alias tanpa pemain asing. Dari daftar nama pemain, hanya Juan Laurent Kokodiputra yang pernah tampil di babak pertama, awal Mei lalu. Selebihnya adalah pemain baru.

Berikut daftar pemain Pelita Jaya di Kualifikasi Piala Champions Asia 2018 Wilayah Timur:

"Karena mendadak mungkin Perbasi memutuskan untuk memakai pemain-pemain lokal saja. Perbasi yang memilih pemain dan semuanya adalah pemain IBL. Kami akan berangkat hari Minggu lusa ke Thailand," kata Kepala Pelatih Faisal Julius Achmad.

Faisal berharap bahwa pemain sudah siap bertanding. Tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak menampilkan permainan terbaik. Sebab saat ini, mereka didapuk mewakili negara Indonesia. Persiapan yang mepet juga tidak boleh jadi alasan.

"Apapun hasilnya, usaha dulu. Saat ini memang keadaannya serba mendadak. Pemain Perbasi yang pilih, dan kami tidak punya waktu untuk berlatih. Tetapi pemain harus punya semangat bahwa ini tim nasional. Kami membawa nama baik Indonesia, jadi harus tampil maksimal," tegas Faisal.

Pada babak kedua kualifikasi atau FIBA Asia Champions Cup 2018 East Inter Sub-Zone Qualifications ini, Pelita Jaya akan bertanding melawan Mono Vampire Thailand dan Pauian Archiland dari Taiwan. Mereka akan bertanding dengan sistem round-robin. Dari hasil tersebut, dua tim peringkat teratas akan masuk ke Final 8 FIBA Asia Champions Cup.(*)

Jadwal Pertandingan FIBA Asia Champions Cup 2018 East Inter Sub-Zone Qualifications:

30 Juli 2018 - 18.20 - Paulian Archiland Vs. Pelita Jaya
31 Juli 2018 - 18.20 - Mono Vampire Vs. Paulian Archiland
1 Agustus 2018 - 18.20 - Pelita Jaya Vs. Mono Vampire

Foto: fiba.com

Komentar