IBL

Laga Pelita Jaya Jakarta melawan Stapac Jakarta menjadi penutup Indonesian Basketball League (IBL) Seri III Solo. Pada kesempatan itu, Pelita Jaya berhasil menjadi pemenang setelah mengalahkan lawan 76-67 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Senin 25 Desember 2017. Kemenangan itu sekaligus membuat mereka menyapu bersih seri ini dengan dua kemenangan.

Wayne Bradford menjadi pencetak angka terbanyak dengan 22 poin, disusul Xaverius Prawiro dengan 15 poin. Tidak ketinggalan, C.J. Giles dan Respati Ragil masing-masing menyumbang 12 dan 10 poin.

Di kubu Stapac, Domique Williams menjadi pengumpul poin terbanyak. Ia mencetak 19 poin dengan tambahan 5 asis dan 4 steal. Nate Barfield mencetak double-double 18 poin dan 12 rebound. Sementara itu, Andara Prastawa membukukan 10 poin, 4 asis, dan 4 steal.

Stapac tampil baik di awal laga. Mereka sempat memimpin 12-4 di lima menit pertama, tapi lawan justru mengambil time out untuk memutus momentum mereka. Upaya itu berbuah hasil, Pelita Jaya bangkit dan menyamakan kedudukan 12-12. Skor itu sekaligus menutup kuarter pertama.

Di kuarter dua, Pelita Jaya menjaga penampilan positif mereka. Point guard Wayne Bradford sampai di kuarter ini telah mencetak 11 poin. Penampilannya sangat membantu tim untuk unggul atas lawan. Pelita Jaya menjauh 33-21.

Di sisi lain, Stapac kewalahan mencetak angka. Mereka hanya memasukan 21 persen field goal di paruh waktu pertama pertandingan ini. Persentase tripoin mereka pun rendah di angka 15 persen.

Memasuki kuarter berikutnya, Pelita Jaya berusaha menjaga keunggulan melalui Xaverius dan Giles. Kedua pemain ini menjadi pendulang poin Pelita Jaya di kuarter ini. Namun, center Stapac, Nate Barfield, memberi perlawan di bawah ring dengan mencetak tujuh poin. Sayangnya, Pelita Jaya tetap unggul 59-38.

Kuarter akhir, Pelita Jaya tetap memainkan permainan mereka. Kepala Pelatih Johanis Winar melakukan beberapa rotasi supaya pemainnya tidak terlalu kelelahan. Apalagi mereka belum sampai 24 jam istirahat dari laga ketat melawan Satria Muda Pertamina Jakarta malam sebelumnya. Upaya itu pun berhasil membuat Pelita Jaya menang 76-67.

“Saya kasih kredit ke pemain saya,” ujar Johanis seusai laga. “Mereka sudah memberikan effort terbaik. Padahal kemarin mereka baru melewati tight game. Mungkin ada rasa lelah, tapi mereka bisa bermain bagus.”

Dengan demikian, Pelita Jaya berhasil merebut dua kemenangan di Solo. Hasil itu membuat mereka menyapu bersih seri ini. Sementara itu, Stapac hanya mengemas satu kemenangan dari dua pertandingan di seri ini.

Foto: Hari Purwanto

Komentar