IBL

Timnas Basket Putri Indonesia untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang resmi terbentuk. Dari hasil seleksi panjang yang sudah dilakukan tim pelatih, terpilih 12 nama pemain putri terbaik. Mereka akan melanjutkan latihan tahap akhir di Cirebon, setelah itu akan menunggu waktu pelaksanaan di Jakarta.

Berikut 12 nama pemain Timnas Basket Putri Indonesia:
1. Adelaide Callista Wongsohardjo
2. Christine Aldora Tjundawan
3. Dyah Lestari
4. Gabriel Sophia
5. Clarita Antonio
6. Henny Sutjiono
7. Kadek Pratita Citta Dewi
8. Natasha Debby Christaline
9. Ivonne Febriani Sinatra
10. Nathania Claresta Orville
11. Priscilla Annabel Karen
12. Vonny Hantoro

Seleksi pemain sekaligus pelatnas basket putri Indonesia sudah berjalan sejak awal tahun 2018. Pada 9-12 Januari lalu, dipanggil 24 pemain untuk melakukan seleksi tahap pertama. Seleksi ini tidak memasukkan nama pemain timnas SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Dari seleksi tersebut terpilih 16 nama pemain yang dinyatakan lolos ke tahap berikutnya.

Baca: Perbasi Panggil 24 Pemain Putri untuk Seleksi Tim Basket Asian Games 2018

Seleksi tahap kedua berlangsung 27 Februari hingga 4 Maret 2018. Di tahap ini, ada empat pemain timnas SEA Games 2017 yang masuk yaitu Natasha Debby Christaline, Kadek Pratita Citta Dewi, Henny Sutjiono dan Gabriel Sophia. Dari jumlah 20 pemain, tim pelatih yang dikepalai Arif Gunarto menyaring menjadi 16 pemain.

Baca: Empat Pemain Tim SEA Games 2017 Bergabung di Seleksi Asian Games 2018 Tahap Dua

Kemudian di seleksi tahap ketiga, 16 pemain tersebut menjalani latihan intensif di GMC Arena Cirebon, 23 April hingga 8 Juni 2018. Dari hasil latihan tersebut, ternyata Dora Lovita dan Ni Putu Eka Liana Febiananda dicoret. Jumlah pemain menjadi 14 orang. Belakangan diketahui Putu Eka dipanggil Pelatnas 3x3 Asian Games 2018.

Baca: Eka dan Dora Tak Ikut Pelatnas Basket Putri Asian Games 2018 ke Korea Selatan

Setelah terpilih 14 pemain, Timnas Putri Indonesia berangkat ke Korea Selatan. Mereka melakukan pemusatan latihan sekaligus menguji kemampuan dengan tim-tim basket Korea Selatan. Latihan itu berlangsung pada 28 Juni hingga 17 Juli 2018 lalu. Sepulang dari Korea Selatan, ada dua nama yang dicoret yaitu Helena Maria Elizabeth Tumbelaka dan Tiara Aulia Denaya.

"Pemain Timnas Putri Indonesia sudah pasti. Ada 12 nama pemain yang mengisi roster. Dari Korea Selatan kemarin, ada dua nama yang tidak ikut masuk tim ini yaitu Helena dan Tiara," jelas Kepala Pelatih Timnas Putri Indonesia, Arif Gunarto.

Senin, 23 Juli mendatang, para pemain akan kembali berlatih di GMC Arena Cirebon. Mereka akan menjalani latihan guna meningkatkan kemampuan untuk sistem menyerang dan bertahan. Selain itu, para pemain juga diberi materi untuk meningkatkan akurasi tembakan. Setelah itu, mereka akan terbang ke Jakarta pada 10 Agustus 2018, untuk menyambut Asian Games 2018.(*)

Foto: fiba.com

Komentar