IBL

Tim Nasional Basket Putri Indonesia proyeksi Asian Games 2018 akan kembali berkumpul untuk menjalani seleksi tahap kedua. Sebelumnya, seleksi tahap pertama dilakukan pada 9-12 Januari lalu. Kali ini, seleksi akan dimulai 27 Februari hingga 4 Maret mendatang.

Di seleksi tahap pertama, ada 24 pemain muda yang dipanggil. Hasilnya ada 12 nama yang dinyatakan lolos tahap kedua. Lalu di tahap ini, ada 20 nama yang dipanggil. Tambahannya ada delapan nama baru. Empat pemain yang pernah membela Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia, sisanya empat nama baru dimasukkan dalam seleksi. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar nama-nama pemain seleksi timnas Indonesia;

Dari daftar di atas bisa kita lihat bahwa empat nama pemain yang pernah mendapatkan medali perunggu di SEA Games 2017 yang dipanggil adalah Nathasa Debby Christaline, Gabriel Sophia, Kadek Pratita Citta Dewi dan Henny Sutjiono. Sementara itu, ada dua nama pemain senior yang dipanggil yaitu Helena Tumbelaka dan Dora Lovita.

Di daftar tersebut seharusnya ada nama Agustine Elya Gradita Retong dan Anjelin Rosmika Simanjuntak. Keduanya masih dibekap cedera. Sebagai gantinya, Perbasi memanggi Dyah Lestari dan Ivonne Febriyani Sinatra. Kemudian Putu Eka Liana Febiananda yang dipanggil pada seleksi tahap kedua juga tidak bisa hadir karena sedang fokus menghadapi ujian sekolah.

"Sebagai pengganti Eka yang tidak bisa bergabung, kami memanggil Thoe, Audy Natazia," ucap Alvin Indra, pengurus Perbasi.

Fokus tim pelatih yang dikepalai oleh Arif Gunarto pada seleksi tahap kedua ini memilih 15 pemain terbaik yang nantinya akan masuk dalam Training Camp (TC). Tapi itu akan dilakukan setelah semua pertandingan di Srikandi Cup 2017-2018 berakhir. Jadi sekitar bulan Mei, TC baru bisa dilakukan.

"Untuk tahap kedua ini saya mau memilih yang terbaik dari gabungan pemain senior dan junior. Coaching staff akan melihat pemain-pemain yang bisa mengikuti sistem permainan yang kami inginkan. Sebab waktu juga semakin mepet," kata Njoo Lie Fan, sapaan akrab kepala pelatih timnas putri Indonesia.

Para pemain yang dipanggil seleksi tahap kadua sudah harus berada di Kota Cirebon pada 26 Februari. Karena mereka akan melakukan tes fisik dari Stength and Conditioning Coach satu hari kemudian. Semua kegiatan seleksi berlangsung di GMC Basketball Arena, Cirebon.(*)

Foto: Mei Linda

Komentar