IBL

BBM Vikings Warriors akan menantang Blackwater Elite dalam perebutan juara Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament. Kepastian ini didapat setelah BBM Vikings mengalahkan Stapac Jakarta, 78-59, Selasa, 10 Juli 2018. Dengan hasil tersebut, BBM menjadi tim yang berhasil mengalahkan dua kontestan Indonesian Basketball League (IBL).

BBM punya materi pemain yang luar biasa. Tim ini diperkuat oleh beberapa pemain profesional senior dan pemain yang sudah pensiun dari basket profesional, antara lain Amin Prihantono, Andri Ekayana, Dimaz Muharri, Dimas Aryo Dewanto, Dwi Haryoko, Yo Sua, Gege Nagata dan Eko Sasmito. Ditambah lagi dua pemain asing, Terrel Nikko Carter dan Okasue Udun. Tak heran bila mereka bisa menang dua laga berturut-turut melawan kontestan liga basket kasta tertinggi di Indonesia.

Sehari sebelumnya, 10 Juli 2018, BBM menang dari tuan rumah Pacific Caesar, 80-64. Kemudian hari ini, BBM menumbangkan semifinalis IBL 2017-2018, Stapac Jakarta.

Keberhasilan BBM mengalahkan Stapac, karena mereka mampu menahan laju Dominique Nelson Williams dan Kore White. Kedua pemain asing Stapac tersebut hanya bisa mencetak 25 poin. Sementara poin terbanyak bagi Stapac disumbangkan oleh Oki Wira Sanjaya dengan 16 poin.

Stapac tampil dengan delapan pemain saja. Kondisi tersebut semakin buruk karena Rizky Effendi dan Ruslan hanya mampu tampil di bawah 15 menit karena masih dibekap cedera. Di awal laga, Stapac sempat tertinggal 15-2. Selanjutnya mereka mampu menyusul di kuarter kedua dan menyisakan satu poin (32-33) saat babak pertama berakhir.

Sayangnya di babak kedua, Stapac tak mampu menahan aliran bola cepat yang diperagakan pemain-pemain BBM. Total pemain BBM mengirimkan 24 asis sepanjang pertandingan. Dimaz Muharri, Dimas Aryo Dewanto dan Osakue Udun paling rajin mengirimkan asis. Ketiganya membuat 16 asis di laga ini.

Okasue menjadi pemain terbaik untuk BBM karena menyumbangkan 28 poin, 13 rebound, lima asis dan satu steal. Kemudian Carter menambahkan 13 poin dan 12 rebound. Penembak jitu Pelita Jaya, Amin Prihantono pamer ketajaman dengan memasukkan empat dari tujuh tembakan tripoin. Amin mencetak 14 poin.

Dengan mengalahkan Pacific Caesar dan Stapac, maka BBM sudah pasti tampil di partai perebutan juara, Kamis, 12 Juli 2018 mendatang. Karena secara head-to-head BBM lebih unggul dari keduanya. BBM masih menyisakan satu laga melawan Garuda Bandung, Rabu, 11 Juli 2018.

Pertemuan BBM dan Blackwater Elite memang bukan yang pertama bagi kedua tim di turnamen ini. Pada 7 Juli 2018 lalu, BBM kalah 57-86 atas Blackwater. Jadi laga ini semakin menarik, karena BBM punya misi balas dendam, sedangkan Blackwater optimistis bisa menjadi juara.(*)

Foto: Dika Kawengian

Komentar