IBL

Pacific Caesar Surabaya merayakan ulang tahun ke-50. Untuk merayakan hari jadi tim tersebut, mereka menggelar Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament pada 7-12 Juli 2018. Ada enam tim yang menjadi peserta yaitu tuan rumah Pacific Caesar Surabaya, Stapac Jakarta, Garuda Bandung, Flying Wheel Makassar, BBM Viking Warriors Surabaya dan tim asal Filipina, Blackwater Elite.

Pacific Caesar adalah klub yang didirikan oleh Bambang Susanto, atau yang akrab disapa Suk Fuk pada 1968. Tim ini sempat mewarnai kompetisi basket tertinggi di Indonesia hingga era 90an. Tetapi setelah itu, mereka menghilang. Baru pada tahun 2011 atau tepatnya NBL Indonesia 2011-2012, Pacific kembali ke liga basket Indonesia hingga saat ini. Kemudian, setelah CLS Knights Indonesia ikut ASEAN Basketball League (ABL), maka Pacific Caesar menjadi satu-satunya tim asal Surabaya di Indonesian Basketball League (IBL).

Sebelum menggelar turnamen ini, pemilik Pacific Caesar mengumumkan bahwa mereka sudah merenovasi GOR Pacific Caesar Surabaya di kawasan Kenjeran, Surabaya.

Baca Juga: GOR Pacific Caesar Bersolek

"Tujuan pertama, kami ingin memeringati hari ulang tahun istimewa yang ke-50. Lalu yang lainnya, kami ingin menunjukkan bahwa kami punya arena yang layak untuk menggelar pertandingan berskala nasional maupun internasional. Kami sudah merenovasi lapangan dan pendukung-pendukung lainnya. Termasuk papan skor baru yang lebih canggih," ungkap Irsan Pribadi Susanto, putra Bambang Susanto.

Turnamen yang digelar Pacific Caesar tersebut bukan yang pertama kali. Mereka sebenarnya sudah sering membuat turnamen yang sama, dengan mengundang tim-tim luar negeri pula. Tetapi di era tahun 2000-an turnamen itu berhenti diselenggarakan.

"Yang saya ingat, dulu di tahun 90-an atau era Kobatama, kami terakhir menggelar turnamen serupa. Artinya, kami ingin kembali menghidupkan tradisi klub kami. Untuk gelaran tahun ini, kami ingin melihat bagaimana animo peserta dan penonton. Kalau bagus, maka tidak menutup kemungkinan turnamen ini akan menjadi agenda tahunan. Soal peserta yang hanya enam tim, ini memang bukan jumlah yang maksimal. Sebab sebetulanya banyak tim asing yang berminat, namun kali ini mereka terbentur dengan persiapan Asian Games di negara masing-masing," imbuh Irsan.

Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament menggunakan sistem round robin di babak penyisihan. Semua tim bertemu terlebih dahulu. Setelah itu, tim peringkat satu dan dua akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara.

Berikut jadwal lengkap Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament:

Foto: Hariyanto

Komentar