IBL

Blackwater Elite menghadapi tuan rumah Pacific Caesar pada laga ketiga hari kelima gelaran Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Basketball Tournament, Rabu malam, 11 Juli 2018 di Gor Pacific Caesa, Surabaya. Menjadi satu-satunya tim yang berasal dari luar Indonesia dan belum tersentuh kekalahan, Blackwater Elite menunjukkan kelasnya. Tim peserta Philippine Basketball Association (PBA) ini hanya tertinggal selama 51 detik dari Pacific sebelum akhirnya unggul sepanjang laga dan menang 103-48.

Paul Zamar menjadi top skor Blackwater dengan 18 poin dan 6 rebound. Pemain yang juga bermain untuk Mono Vampire Thailand di ASEAN Basketball League (ABL) ini memasukkan 3 dari 6 tembakan tripoinnya. John Paul Erram menambahkan 14 poin sementara Emil Renz Palma mencetak 13 poin, 3 rebound, dan 4 asis. Michael Di Gregorio dan Shej Roi Sumang juga berhasil mencetak dua digit angka. Di Gregorio mencetak 12 poin sementara Sumang 10 poin.

Hanya ada satu pemain yang mampu mencetak dua digit angka dari Pacific Caesar. Pemain asing mereka, Joly Rudolphe membukukan dobel-dobel dengan 21 poin dan 10 rebound. David Seagers gagal total pada laga ini setelah hanya mencetak satu poin selama 22 menit. Satu poin itu ia dapat dari percobaan lemparan bebas. Secara keseluruhan, Pacific Caesar hanya berhasil memasukkan 3 dari 29 tripoinnya yang setara dengan 10,3 persen. Akurasi keseluruhan Pacific hanya 23,2 persen.

“Saya tidak memikirkan tentang menjadi top skor tim atau hal lainnya. Yang terpenting bagi saya adalah kemenangan tim dan ini adalah kemenangan yang bagus. Tidak ada bedanya menang satu poin atau 20 poin, menang tetaplah menang,”ujar Zamar seusai laga.

Kemenangan ini membuat Blackwater menjadi satu-satunya tim yang mampu sapu bersih selama babak penyisihan. Mereka memastikan diri sebagai peringkat pertama di klasemen akhir dan diikuti oleh BBM Viking Warriors Surabaya. Sementara bagi Pacific Caesar, kekalahan ini membuat mereka turun ke peringkat tiga.

Partai final akan digelar besok Kamis, 12 Juli 2018. Laga pertama akan memperebutkan tempat kelima yang mempertemukan Flying Wheel Makassar dan Garuda Bandung. Laga kedua mempertemukan Pacific Caesar dan Stapac Jakarta. Partai penutup menyajikan perebutan juara yang mempertemukan Blackwater dan BBM Viking Warriors Surabaya.

“Kami yakin besok akan menjadi laga yang keras dan sulit. BBM Viking memiliki keuntungan bermain di Surabaya, kota mereka. Tapi, kami yakin kami dapat mengulang kemenangan kami. Kami ingin juara di tempat ini,” imbuh Zamar.

Foto: Alexander Anggriawan

 

 

Komentar