IBL

Pacific Caesar Surabaya membuka pertandingan pertama mereka di Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament dengan kemenangan. Mereka menggilas Stapac Jakarta 86-76 di GOR Pacific Caesar, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 7 Juli 2018.

Joly Rudolphe, senter asing Pacific, menjadi pencetak angka terbanyak dengan dobel-dobel 32 poin dan 16 rebound. David Seagers, pemain asing lainnya yang sudah membela klub selama dua tahun terakhir, hampir mencetak tripel-dobel dengan 13 poin, 9 asis, dan 8 rebound. Indra Muhammad dan Nuke Tri Saputra kemudian menyusul dengan masing-masing 12 poin.

Di sisi lain, Stapac juga mengandalkan jasa asing. Dominique Williams mencetak 18 poin sementara Kore White dobel-dobel 13 poin dan 10 rebound. Sementara itu, pemain naturalisasi Ebrahim Lopez mengumpulkan 26 poin yang sayangnya tidak bisa menghindarkan mereka dari kekalahan karena Pacific terus unggul.

Di pertandingan ini, Pacific memang tidak pernah tertinggal. Mereka terus unggul karena berhasil memanfaatkan peran senter asing mereka, Rudolphe. Belum lagi pemain-pemain muda seperti Anindya Prama Putra yang dipasang sebagai lima utama juga bisa berkontribusi. Ia mencetak total 8 poin, 6 rebound, 2 asis, dan 2 steal.

Dengan penampilan mereka malam ini, Pacific pun memimpin 44-35 di paruh waktu pertama. Mereka lantas melanjutkan tren dengan merotasi pemain. Kepala Pelatih Kencana Wukir mulai mengeluarkan Nuke dan Indra—yang di dua kuarter awal hanya bermain kurang dari 10 menit—lebih lama. Para muda itu memberi kontribusi dengan mencetak total 17 poin di paruh kedua.

Secara statistik, sebenarnya Pacific dan Stapac tidak berbeda jauh. Dalam hal akurasi tembakan, misalnya, persentase tuan rumah mencapai 42,9 persen sementara lawannya 38,4 persen. Akan tetapi, tripoin keduanya malam ini tidak mencapai 30 persen (Pacific 21,1 dan Stapac 23,5). Hanya saja Pacific unggul dalam merebut bola-bola pantul (54) dan poin dari serangan balik (16).

Dengan itu, Pacific pun memenangkan pertandingan. Mereka akan hadir kembali besok melawan Garuda Bandung di kandang.    

Foto: Wisnu Wibowo/Pacific Caesar Surabaya

Komentar