IBL

Filipina punya antusiasme yang tinggi untuk basket. Bahkan, basket jadi olahraga terpopuler di sana. Hal itu bisa dilihat dari bagaimana mereka menyambut LeBron James saat berkunjung pada 2013, 2016, dan 2017. Gegap gempita yang ditunjukkan membekas di benak LeBron. Oleh karena itu, Nike membuat sepatu khusus dengan tema kearifan lokal di Filipina.

Segala detail yang ada di sepatu ini diambil dari Filipina dan LeBron james. Kata “Agimat” dalam kosakata Bahasa Filipina bermakna "jimat". Nike mengambil warna biru yang serupa warna seragam tim nasional basket dan 3x3 Filipina. Pada bagian tumit, tertulis “Mula Mandirigma Sa Mandirigma” yang berarti "Dari Prajurit untuk Prajurit Lainnya" (From One Warrior to Another) yang bermakna, sepatu ini adalah hadiah dari LeBron James untuk para pebasket di sana. Selain itu, tertulis juga inisial MNL untuk Manila dan 330 untuk kode telepon kampung halaman LeBron James di Akron, Ohio, Amerika Serikat.

Tim basket 3x3 Filipina untuk Piala Dunia 2018.

 

Secara struktur, sepatu ini memang dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan pebasket. LeBron Soldier 12 terkenal dengan penerapan tali Velcro yang melintang di bagian atas sepatu. Tali tersebut menjanjikan kuncian pada kaki. Fitur ini juga mendukung prinsip ergonomis sehingga mudah dan cepat untuk memakai atau melepas sepatu. Nike menggunakan paduan suede dan battleknit untuk bagian atas. Sedangkan untuk kenyamanan saat digunakan bermain basket, mereka menerapkan bantalan Zoom Air dengan sol bawah bermotif Herringbone.

Nike LeBron Soldier 12 “Agimat” dikabarkan akan dirilis pada 15 Juni 2018 untuk pangsa pasar Asia Tenggara. Walau begitu, Anda sudah bisa melihatnya lebih cepat. Tim basket 3x3 Filipina yang diperkuat Stanley Pringle, Christian Standhardinger, Troy Rosario, dan R.R. Pogoy akan menggunakannya pada gelaran Piala Dunia 3x3 pada 8-12 Juni 2018 yang dihelat di Filipina.

Foto: Nike Basketball, Slam Online Philipina

Komentar