IBL

Golden State Warriors kembali bertemu LeBron James dan Cleveland Cavaliers di final NBA 2017-2018. Pada pertemuan final pertama mereka musim ini, Warriors berhasil menang 124-114 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Kamis malam, 31 Mei 2018 waktu setempat. Mereka pun unggul 1-0 atas Sang Raja dan pasukannya.

Stephen Curry, garda utama Warriors, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 29 poin plus 9 asis dan 6 rebound. Kevin Durant lalu menyusul dengan 26 poin, 9 rebound, 6 asis, dan 3 blok. Klay Thompson—yang sempat mengalami cedera kaki di pertandingan ini dan kembali ke lapangan—finis dengan 24 poin.

Di kubu Cavs, LeBron James berhasil menyamai rekor Michael Jordan yang mencetak 50+ poin di pertandingan final pada 1993. Secara keseluruhan, James mencetak 51 poin, 8 rebound, dan 8 asis; membuatnya menjadi penampil terbaik Cavs hari ini dengan memasukkan 19 dari 32 tembakannya. Dengan perolehan poinnya, ia bahkan menyamai rekor Jerry West di peringkat pertama sebagai pencetak delapan 40+ poin dalam satu playoff.

Dengan permainan James, Cavs berhasil membuat pertandingan ini menjadi ketat. Di paruh pertama, misalnya, kedudukan imbang 56-56. Namun, Warriors tidak juga mengendurkan permainan mereka sehingga pertandingan terus ketat. Pasukan Kepala Pelatih Steve Kerr itu bahkan unggul enam poin (84-78) di kuarter tiga.

Di kuarter empat, Cavs kembali menempel ketat Warriors sampai waktu tersisa 4,7 detik. Dengan tertinggal satu poin (106-107), Cavs memiliki kesempatan membalikkan keunggulan ketika George Hill mendapat lemparan bebas. Hill memasukkan lemparan pertama, tapi gagal memasukkan yang kedua. Kedudukan pun imbang 107-107.

Ketika Hill gagal di lemparan kedua, J.R. Smith—garda tembak Cavs yang berhasil meraih bola pantul—sebenarnya juga memiliki kesempatan untuk menambah angka. Sayang, ia berulah dengan melantun bola ke arah yang salah; membuat James mesti berteriak di hadapannya sebab Smith mengira Cavs unggul saat itu. Padahal jelas mereka sedang tidak unggul, dan pertandingan pun terpaksa berlanjut ke babak tambahan karena blunder Smith.

Di babak tambahan, Cavs tidak memiliki kesempatan untuk menang karena Warriors berhasil meninggalkan mereka dengan margin 10 poin (17-7). Warriors pun menutup pertandingan pertama dengan kemenangan 124-114.

Dengan satu kemenangan itu, Warriors masih akan bermain di kandang pada pertandingan kedua dalam format tujuh terbaik (best of seven) tiga hari lagi.

Foto: NBA

Komentar