IBL

Golden State Warriors kembali memenangkan gim kedua di NBA Finals 2018 melawan Cleveland Cavaliers. Mereka menang 122-103 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Minggu malam, 3 Juni 2018 waktu setempat. Dengan itu, mereka pun unggul 2-0 dalam pertandingan final berformat tujuh terbaik (best of seven).

Stephen Curry, garda utama Warriors, meledak dengan 33 poin. Ia memasukkan sedikitnya 11 dari 26 tembakannya, termasuk 9 dari 17 tripoin hari ini. Selain itu, ia juga menambahkan 8 asis dan 7 rebound.

Kevin Durant, forwarda, di belakangnya dengan 26 poin, 9 rebound, 7 asis, dan 2 blok. Klay Thompson—seperti harapannya kemarin—bisa bermain di gim kedua meski sempat cedera engkel sejak pertemuan pertama. Namun, hari ini ia bisa mencetak 20 poin lewat 8/13 tembakan.

(Baca juga: Menuju Gim Kedua, Klay Thompson Cedera)

Warriors dapat memenangkan pertandingan ini—salah satunya—karena mendominasi paruh pertama pertandingan. Thompson, misalnya, mencetak tiga tripoin sehingga membuyarkan konsentrasi Cavs dalam menjaga para penembak jitu Warriors. Apalagi Durant di paruh pertama ini berhasil memasukkan 5 dari 6 tembakannya.

Selama itu pula, Durant yang bertugas menjaga LeBron James mampu menahannya dengan hanya membiarkan Sang Raja mencetak 15 poin. Warriors pun unggul 59-46 sebelum memulai kuarter tiga.

Sementara konsentrasi Cavs tertuju pada para penembak jitu, Kepala Pelatih Steve Kerr yang memasang McGee sebagai senter utama membuatnya tampil ofensif. McGee mengemas 12 poin tanpa cela di area dekat ring. Semua tembakannya menemui sasaran (6/6) meski secara defensif McGee membutuhkan bantuan. Di saat itulah, Draymond Green menjadi bantuan di barisan pertahanan Warriors. Ia berhasil meraih 8 bola pantul dan 7 asis meski hanya mencetak 5 poin.

Di kuarter empat, Curry menghujani ring Cavs dengan lima tripoin. Secara total, Curry melesakkan sembilan tripoin dan berhasil memecahkan rekor Ray Allen (8) sebagai pencetak tiga angka terbanyak di final.

Di kubu Cavs, James yang sudah mencetak 15 poin di paruh pertama, menambahkan 14 poin di sisa pertandingan. Dengan total poin hari ini, James (1327) berhasil menggeser Kareem Abdul-Jabbar (1317) di peringkat dua sebagai pencetak poin terbanyak di laga final. Selain itu, James juga mengemas 13 asis, 9 rebound, dan 2 steal.

Kevin Love, forwarda Cavs, di tempat kedua dengan dobel-dobel 22 poin dan 10 rebound. Namun, perolehan itu tentu tidak cukup mengimbangi permainan Warriors yang menghujani mereka dengan tripoin selagi mengancam di area dekat ring melalui McGee. Dalam konsentrasi yang terpecah, Cavs harus menyerahkan gim kedua ini untuk Warriors.

Warriors kini unggul 2-0 dan membutuhkan dua kemenangan lagi untuk menjadi juara. Namun, pertandingan selanjutnya akan digelar di kandang Cavs tiga hari lagi. Sebagai catatan, Cavs berhasil mengatasi defisit 0-2 pada 2016 dengan lawan yang sama, dan juara di tahun itu; sementara  Warriors memiliki rekor menang-kalah 4-4 di laga tandang final selama empat musim beruntun.  

Foto: NBA

Komentar