IBL

Philadelphia 76ers tengah melakukan penyelidikan terhadap President of Basketball Operation Bryan Colangelo tentang penggunaan akun media sosial rahasia (burner account). Mereka mengatakan pada Rabu sore, 30 Mei 2018 waktu setempat, untuk segera melaporkan hasilnya jika sudah mendapat kesimpulan. Oleh karena itu, publik terutama media hanya perlu menunggu.

Sixers melakukan penyelidikan ini menyusul laporan Ben Detrick dari The Ringer tentang gerak-gerik akun Twitter rahasia yang diduga melibatkan Colangelo. Dalam artikel itu, ia menyebutkan The Ringer mendapat petunjuk anonim tentang Colangelo yang mengelola lima akun Twitter rahasia pada Februari 2018 lalu. Sejak itu, mereka pun mengawasi dan mencatat gerak-gerik kelima akun tersebut.

Sesuai pengawasan, kelima akun itu ternyata memiliki beberapa kesamaan yang kemudian mengarahkan dugaan kepemilikan akun kepada Colangelo. Kelima akun itu seringkali mengkritik pemain dan eks pemain Sixers, di antaranya: Joel Embiid, Markelle Fultz, Jahlil Okafor (Brooklyn Nets), dan Nerlens Noel (Dallas Mavericks). Mereka juga sempat mengkritik staf pelatih dan mantan manajer umum Sixers, Sam Hinkie, dan presiden Toronto Raptors Masai Ujiri. Kelima akun itu bahkan membocorkan pilihan Sixers pada Draft 2017 lalu dan informasi medis rahasia Jahlil Okafor.

Dari beberapa kesamaan di atas, ada kesamaan lain dari akun-akun rahasia tersebut. Kelima akun itu mengikuti (follow) beberapa akun pegawai Sixers, awak media, agen NBA, bahkan teman dan bekas pelatih anak Colangelo.  

The Ringer lalu mencoba mengonfirmasi dua dari lima akun kepada Sixers dan Colangelo. Di hari yang sama, tiga akun lainnya dikunci; berubah dari akun publik ke privasi (private), bahkan salah satunya tidak lagi mengikuti (unfollow) akun teman-teman dan bekas pelatih SMA anaknya.

Setelah melakukan itu, media olahraga dan kultur pop itu pun mengonfirmasi kelima akun sekaligus kepada Colangelo pada Selasa lalu. Dalam pernyataannya, Colangelo mengaku satu dari lima akun tersebut memang ia kelola. Namun, ia menggunakannya hanya sebagai sarana mengikuti berita, termasuk memantau industri olahraga dan peristiwa terkini lainnya. Sisanya, ia mengaku tidak tahu.

“Kabar ini mengganggu saya, karena saya tidak tahu akun lainnya yang telah dikaitkan pada saya,” ujar Colangelo dalam pernyataannya seperti dikutip The Ringer. “Saya juga tidak tahu siapa mereka atau motif mereka dalam menggunakannya.”

Sementara itu, Joel Embiid, senter Sixers, menyatakan pendapatnya melalui Twitter. Embiid mengatakan, ia tidak percaya dengan laporan The Ringer. “Ini gila,” tulisnya.

Kendati demikian, Profesor Sunil Wattal, seorang pakar privasi daring  mengatakan, kemungkinan kuat akun-akun rahasia itu terhubung dengan Colangelo.

“Kita semua meninggalkan jejak digital, semacam ciri khas digital, yang memberi kami kemungkinan kuat bahwa semakin banyak ciri khas yang Anda miliki, semakin tinggi probabilitas bahwa itu Anda,” jelas Wattal seperti dikutip CBS Philadelphia.

Dengan adanya kemungkinan itu, Sixers pun terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap hal ini. Namun, hingga saat ini, mereka belum mengabarkan apa pun.

Foto: NBA

Komentar