IBL

Senyum lebar menghiasi wajah Joel Embiid, ketika melihat sepatu khas (signature shoes) Embiid One yang diberikan Under Armour pada bulan Januari 2020. Sepatu khas tersebut diluncurkan setelah dua tahun bersama Under Armour. Namun ironisnya, hingga tahun 2023, Embiid hanya mendapatkan satu sepatu khas. Sehingga Embiid memutuskan untuk pindah ke Skechers tahun ini. 

Ketika Under Armour mengumumkan telah merekrut bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid pada Oktober 2018, kemitraan tersebut tampak menjanjikan. Pada saat itu, Embiid mengatakan kesepakatannya akan lebih dari sekedar sepatu dan bola basket, dan menjanjikan beberapa "kejutan" baik untuk komunitas Philly maupun "seluruh dunia." 

Foto: Under Armour

Ketika kesepakatan dengan Under Armour terungkap pada Oktober 2018, detailnya memang tidak diumumkan. Namun, fashionnetwork.com melaporkan pada bulan Oktober 2018 bahwa Under Armour menawarkan sejumlah tambahan kepada Embiid, seperti sepatu khas, komitmen amal tambahan di Philadelphia dan Cameroo, serta kemungkinan rilis edisi khusus sepatu dan pakaian olahraga di kemudian hari. 

Kemitraan antara Under Armour dan Embiid hanya menghasilkan satu sepatu khas, Under Armour Embiid One, yang diumumkan kepada media tertentu pada bulan Januari 2020 dan kemudian kepada konsumen secara global pada bulan Agustus 2020. Sepatu tersebut dirancang oleh desainer lama Under Armour, Reggie Wilson, dan diluncurkan secara eceran pada 18 September 2020, dengan harga 120 dolar Amerika.

Foto: Under Armour

Ironisnya, meskipun kesepakatan dengan Under Armour dilaporkan berakhir pada Oktober 2023, atau berlangsung hingga lima tahun, Embiid masih mengenakan sepatu khas Embiid One miliknya di lapangan hampir sepanjang musim NBA 2023-2024. Sehingga ada kesan kalau Under Armour mengingkari janjinya kepada Embiid. 

Namun ada fakta menyebutkan kalau Under Armour Embiid One memang tidak laku di pasaran. Misalnya, jalur warna "Origin" yang pertama kali dirilis tersedia melalui StockX dengan harga di bawah pasaran awal, yaitu mulai dari 87 dolar Amerika. Kemudian jalur warna "Goldmind", dijual dengan harga mulai dari 114 dolar Amerika. Jadi diprediksi memang sepatu khas Embiid tidak laku di pasaran.

Embiid akhirnya memutuskan untuk pindah. Dia pertama kali memakai sepatu Skechers, khususnya model SKX Float, pada tanggal 2 April di Wells Fargo Center di Philadelphia ketika 76ers menghadapi Oklahoma City Thunder. Skechers SKX Float tersedia melalui skechers.com seharga 150 dolar Amerika.

Setelah berbulan-bulan rumor seputar Embiid dan Skechers simpang siur, akhirnya MVP NBA 2022-2023 tersebut resmi menandatangani kontrak dengan Skechers. Embiid kembali ke lapangan setelah dua bulan setelah cedera meniskus kirinya, mengenakan Skechers untuk menghadapi Oklahoma City Thunder.

Foto: skechers

Sham Charania dari The Athletic melaporkan bahwa Embiid telah menandatangani kontrak dukungan multi-tahun dengan Skechers. Dia bergabung dengan Julius Randle dari New York Knicks dan Terance Mann dari Los Angeles Clippers dalam daftar duta Skechers. Randle dan Mann adalah dua pemain NBA pertama yang menandatangani perjanjian dukungan dengan Skechers. Embiid terlihat mengenakan sepatu Skechers yang sama dengan yang pernah terlihat pada Randle sekembalinya ke lapangan.

Sebelumnya, Embiid mempertimbangkan untuk membuat kesepakatan dengan perusahaan besar seperti Nike, Under Armour, Jordan Brand, dan Adidas. Menandatangani kontrak dengan Skechers adalah langkah besar bagi bintang NBA tersebut. Setelah kembali ke musim ini, Embiid juga diperkirakan akan mewakili Tim AS di Olimpiade tahun ini. Embiid berharap masa depannya lebih baik bersama Skechers, termasuk sepatu khas dengan berbagai edisi. (*)

Foto: Complex

Komentar